6+1 Manfaat Gambar Dalam Artikel Blog Yang Harus Kamu Ketahui

Blogging, Tips dan Trik 0

Manfaat gambar dalam artikel blog – Artikel dalam sebuah blog tentu saja menjadi sebuah konten utama. Mengingat bahwa blog berbeda dengan situs media sosial video seperti Youtube. Jika konten utama Youtube adalah video, maka artikel menjadi konten utama sebuah blog. Namun, dalam satu artikel juga harus terdapat sebuah informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Dan sebuah gambar dalam artikel juga bisa memberikan pengaruh yang besar.

Baca juga : 4 Tips Memilih Nama Blog Yang Baik dan Bagus 2017

Banyak blogger yang sering melalaikan memberi gambar dalam postingan. Padahal gambar dalam postingan itu juga berpengaruh untuk hal SEO bahkan bisa membuat pengunjung lebih merasa nyaman. Penasaran dengan manfaat-manfaat gambar dalam sebuah artikel blog? Berikut 7 manfaat gambar dalam artikel blog.

 

6+1 Manfaat Gambar Dalam Artikel Blog

 

Manfaat Gambar Artikel Blog

Gambar Artikel Blog

 

1. Muncul Di Google Image

 

Jika kamu memberi gambar pada postingan blog, maka kamu akan mendapat kesempatan untuk gambar yang kamu upload muncul di Google Image. Tapi, tidak semua gambar yang kamu upload dalam artikel blog kamu bisa muncul di Google Image. Hal ini juga dipengaruhi oleh SEO. Jadi, sebaiknya kamu juga mempelajari cara mengoptimasi SEO pada gambar.

 

2. Menambah Keyword Postingan

 

Manfaat kedua ini bisa kamu rasakan hanya jika kamu mengoptimasi gambar yang kamu upload tersebut. Kamu bisa mengisi keyword artikel kamu pada alt text gambar tersebut. Dengan ini, maka kekuatan SEO artikel tersebut menjadi lebih kuat lagi.

 

3. Mengurangi Bounce Rate

 

Gambar yang merupakan unsur visual dari sebuah artikel tentunya mempunyai pengaruh yang cukup besar juga. Coba kamu bayangkan sebuah artikel yang tidak memiliki gambar sama sekali. Pasti kamu akan merasa bosan bukan? Dan langsung meninggalkan artikel blog tersebut. Hal ini akan memperparah bounce rate blog tersebut. Agar hal ini tidak terjadi pada blog kamu, jadi pastikan agar kamu selalu mengupload setidaknya 1 gambar pada blog kamu.

 

4. Meningkatkan PageViews

 

Point ke empat ini juga sama halnya dengan point ke tiga. Yakni pengunjung akan lebih tertarik dengan artikel artikel di blog kita. Sehingga mereka membaca banyak artikel. Artinya bukan hanya 1 artikel yang mereka butuhkan saja.

 

5. Menjadikan Halaman Lebih Berisi

 

Postingan yang berisikan gambar akan terasa lebih terisi, lebih banyak, lebih panjang daripada postingan tanpa gambar. Meskipun artikel kamu terbilang sedikit, tetapi jika kamu memberikannya gambar, maka postingan itu seakan akan berisi.

 

6. Memperjelas Maksud

 

Dengan memberikan gambar, maka maksud dari postingan kamu lebih terlihat. Seperti yang kita ketahui bahwa gambar sendiri bertujuan untuk memperjelas maksud atau memberikan ilustrasi terkait informasi yang ada. Jadi, manfaat gambar pada sebuah artikel adalah untuk memperjelas lagi atau mengilustrasikan gagasan utama dari artikel tersebut.

 

Bonus! 7. Menarik Perhatian

 

Dan manfaat gambar dalam artikel yang terakhir adalah menarik perhatian. Jika kita melihat faktanya, sekarang orang jauh lebih tertarik pada sebuah gambar dibandingkan sekadar tulisan saja. Mungkin hal ini dikarenakan satu gambar bisa menjelaskan maksud ribuan kata. Jadi, buatlah sebuah gambar artikel yang sangat menarik sehingga pengunjung akan lebih tertarik untuk mengunjungi blog kamu.

Baca juga : Langkah-Langkah Ampuh Dalam Optimasi Artikel Blog

Jika kita ambil kesimpulan dari 7 manfaat gambar diatas, maka sebuah gambar dalam artikel blog memang sangat penting. Selain bisa menambah daya tarik, gambar juga bisa menarik minat pengunjunga. Kalau begitu, sudahkah kamu menyisipkan gambar dalam artikel di blog kamu?

 

Tags:
author

Author: 

Seorang penulis dan blogger pemula, siswa XI RPL 1 SMKN 1 Karawang. Menulis adalah hobi saya. Tertarik terhadap dunia pemrograman dan dunia web design.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.