Cara Mengatasi Aplikasi Sering Mengalami Force Close

Tips dan Trik 0

Mengatasi aplikasi mengalami force close – Saat anda bermain game atau sedang meluncurkan suatu aplikasi, dan tiba tiba force close, mengapa? Yap simak penjelasan berikut…

Seperti yang kita tahu, bahwa saat meluncurkan game dan saat meluncurkan suatu aplikasi itu memerlukan kapasitas RAM yang cukup. Apa itu RAM?, RAM telah kita bahas di post sebelumnya

Apa saja penyebab-penyebabnya? simaklah penjelasan berikut:

1. Aplikasi latar belakang

Apa itu aplikasi latar belakang? Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang menggunakan RAM secara diam diam tanpa diketahui. Seperti yang kita tahu bahwa game game seperti Clash of Clan, Sims, dll itu bisa berkembang tanpa kita mainkan. Mengapa demikian? Karena mereka menggunakan RAM secara diam diam untuk berjalannya aplikasi itu secara otomatis.

Baca juga: Tips Agar Gems Box CoC Cepat Muncul

2. ROM yang tidak mencukupi

Apa itu ROM? ROM akan kita bahas di post selanjutnya. Jika ROM sudah penuh, maka kita tidak bisa menyimpan atau mendownload hal hal lainnya. Dan ternyata, ROM itu memiliki pengaruh kepada aplikasi yang force close. Apa pengaruhnhya? Ya, aplikasi yang kita jalankan pasti akan mengalami update atau pembaharuan, jadi aplikasi yang mengalami update memerlukan kapasitas ROM juga. Itulah sebabnya, ROM yang sudah penuh tidak bisa ditambahkan lagi dengan update dari aplikasi yang kita jalankan. Oleh karena itu, aplikasi yang kita jalankan memberhentikan prosesnya karena tidak bisa tertampung oleh ROM.

3. Terjadi kesalahan saat mendownload aplikasi tersebut

Saat kita mendownload suatu file, terdapat suatu kesalahan yang disebut dengan kesalahan parse. Kesalahan parse bisa terjadi akibat link yang didownload tidak berkualitas bagus, dan jaringan internet yang lambat dan lemah.

4. Versi perangkat lebih kecil dari versi yang dibutuhkan

Saat kita mendownload aplikasi, pasti akan ada info dimana aplikasi yang didownload membutuhkan versi perangkat yang lebih tinggi. Mengapa demikian? Karena, aplikasi yang akan didownload membutuhkan sistem yang lebih canggih dan lebih efektif. Sebab itulah yang sering terjadi pada saat download aplikasi.

Baca juga: Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi

Setiap sebab pasti akan ada cara mengatasinya kan? Ya, disini saya juga akan menjelaskan cara mengatasi aplikasi yang mengalami force close. Simak penjelasan berikut:

1. Membersihkan sebagian aplikasi latar belakang dengan aplikasi pembersih

Saat kita ingin memberhentikan aplikasi latar belakang, pastinya aplikasi tersebut tak bisa kita ketahui. Cara ini ampuh untuk membersihkan aplikasi yang tak diperlukan. Aplikasi apa sajakah yang dimaksud? Seperti aplikasi Clean Master, 360 Security, SecureIt, dll.

2. Menghapus aplikasi yang tak digunakan

Aplikasi dan hal lainnya yang sudah usang atau telah lama tak terpakai itu akan menempati kapasitas ROM juga. Maka dari itu, hapuslah data tersebut yang tak terpakai. Data itu terlalu penting? Anda bisa mennyimpannya di PC atau laptop yang lebih banyak kapasitasnya dibanding android.

3. Mencari link lainnya yang lebih bermutu dan berkualitas

Link di Internet tidak hanya satu bukan? Jadi kalian bisa mencari kembali link-link lainnya. Tetapi, link yang dicari harus bermutu. Bagaimana cara melihat link tersebut bermutu atau tidak? Dengan cara melihat informasi yang ditampilkan pada saat ingin mendownloadnya. Jika syarat di informasi tersebut sudah terpenuhi, maka bermutulah link tersebut. Bagaimana jika tidak terdapat infonya Sebaiknya anda mencari kembali link lainnya, karena bisa jadi link tersebut belum sempurna bahkan mungkin terdapat virus didalamnya.

Baca juga: Trik Agar Cepat Menang Bermain Line Lets Get Rich

4. Mengupdate versi Android

Updatelah versi Android anda yang telah lama menjadi lebih baru. Karena jika tidak, aplikasi anda tidak akan bisa berjalan. Tetapi tetap berhati hatilah, karena jika RAM rendah atau sedikit, maka Android anda tidak akan bisa berjalan yang berarti tak bisa digunakan. Cara lainnya yaitu dengan mencari aplikasi yang dibutuhkan dengan versi aplikasi yang lebih rendah agar dapat dijalankan di Android anda.

Nah, sudah seharusnya anda melakukan beberapa cara diatas agar aplikasi yang anda sedang gunakan tidak mengalamai force close lagi.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.