Gak Bisa Download di Playstore? Ini Dia 7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore

Tips dan Trik 0

Solusi Gagal Download Aplikasi di Playstore – Android merupakan salah satu OS paling terkenal di dunia saat ini. OS berbasis open source ini banyak disukai karena memiliki ribuan aplikasi dengan beragam fungsi yang bisa kalian coba. Dan playstore merupakan tempat untuk mendapatkan aplikasi secara gratis maupun berbayar. Disana kita bisa dengan bebas memilih dan mendownload APK sesuai dengan kebutuhan.

Namun pernahkah kalian mengalami masalah dan tidak bisa download aplikasi di playstore? Seperti ada notifikasi kesalahan server, tidak cukup ruang memory ataupun proses download yang tidak mau berjalan. Kasus seperti ini memang cukup sering dialami oleh para pengguna android sehingga cukup membuat kita jengkel. Apalagi ketika kita sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi tidak bisa download aplikasi di playstore tapi hasilnya tetap nihil.

Baca juga : 8+ Aplikasi Android Terlarang dan Tidak Ada di Google Play Store

Namun jangan khawatir, karena ternyata solusi untuk masalah download gagal di playstore ataupun tidak mau berjalan itu sangat mudah. Buat kamu yang sudah bingung karena belum menemukan solusinya, silahkan lanjutkan untuk membaca artikel ini. Tanpa panjang lebar lagi, berikut cara memperbaiki playstore yang tidak bisa digunakan untuk download aplikasi.

 

Tutorial Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore

 

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore

Lakukan Restart Pada Smartphone

 

Cara yang pertama ini cukup mudah untuk dilakukan, silahkan coba untuk merestart smartphone android kalian. Kadang kita mengalami error saat download aplikasi di playstore karena ada kesalahan sistem. Dengan kita melakukan reboot pada sistem, hal ini akan membuatnya fresh dan menghilangkan masalah tersebut.

 

Cek Koneksi Internet

 

Jangan lupa untuk mengecek koneksi internet kalian juga, tanpa koneksi yang baik kita tidak mungkin bisa download aplikasi di playstore. Pastikan bahwa masalah bukan ada pada jaringan, silahkan coba buka situs seperti facebook atau youtube, jikalau lemot dan lambat kemungkinan inilah yang menjadi penyebabnya. Koneksi yang tidak memadai akan membuat proses download di playstore menjadi tertunda dan tidak berjalan.

 

Periksa Sisa Ruang Penyimpanan

 

Ini merupakan salah satu hal yang sering diabaikan oleh para pengguna android. Mereka jarang dan bahkan tidak pernah mengecek sisa kapasitas ruang penyimpanan di smartphone mereka. Apabila tidak tersedia ruang penyimpanan yang cukup, tentu kita tidak bisa mendownload APK yang ada di playstore. Hal ini karena tidak adanya space yang cukup digunakan untuk menyimpan aplikasi yang kita download. Hapus file sampah dan file yang tidak digunakan lagi untuk membebaskan beberapa ruang penyimpanan.

Baca juga : Inilah 5 Aplikasi Antivirus Android Terbaik di Dunia

 

Pastikan Jam dan Tanggal Telah di Setting Dengan Benar

 

Hal ini memang nampak sepele dan kurang diperhatikan, karena itu banyak orang yang tidak bisa mengatasi download gagal di playstore karena tidak pernah mengecek tanggalnya. Selalu pastikan bahwa jam serta waktu pada smartphone kalian telah benar, silahkan nyalakan Automatic Date & Time yang ada di Setting agar lebih mudah.

 

Hapus Data dan Cache Pada Playstore

 

Kadang masalah error saat mengunduh APK di playstore timbul karena adanya corrupt pada data aplikasi playstore itu sendiri. Dan untuk mengatasinya, kita harus menghapus data aplikasi playstore. Selain karena data yang corrupt, file sampah (cache) yang menumpuk juga bisa menjadi penyebabnya. Kalian bisa menghapus kedua hal tersebut lewat setting > Application Manager > Pilih Tab All > Cari Playstore > Clear Data dan Clear Cache. Jika setelah menghapusnya masalah ini belum terselesaikan, lakukan penghapusan data dan cache juga pada Google Play Service.

 

Uninstall Update an Playstore

 

Seperti aplikasi pada umumnya, playstore sendiri juga mengalami update. Namun kadang setelah di update muncul masalah dan saat download aplikasi tidak mau berjalan. Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan hal ini. Kadang ada kesalahan saat melakukan update, kadang juga versi playstore yang terbaru tidak kompatibel dengan smartphone kita.

Solusi untuk masalah ini cukup mudah, kalian tinggal uninstall saja update an terbaru dan mengembalikan playstore ke versi sebelumya. Masuk ke setting > Application Manger > Pilih Tab All > Cari Playstore > kemudian pilih Uninstall Updates. Jika muncul notifikasi “Do you want to replace the blab la….” Pilih saja OK. Dan tunggu proses uninstall berjalan, setelah itu kalian coba download aplikasi lewat playstore lagi.

 

Lakukan Factory Reset/Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

 

Jika semua cara diatas belum bisa untuk mengatasi tidak bisa download aplikasi di playstore. Maka jalan terakhir adalah melakukan factory reset atau reset ulang. Cara ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone kamu, pastikan kamu sudah membuat pencadangan terhadap data penting yang ada disana. Silahkan ikuti tutorial berikut untuk melakukan factory reset :

  • Masuk ke setting, kemudian pilih Bakcup and Reset.
  • Pilih Factory Reset kemudian tap Reset Device.
  • Langsung saja kalian pilih OK, proses penghapusan akan dimulai jadi silahkan tunggu hingga smartphone selesai melakukan reboot.
  • Setelah nampak seperti baru, cobalah untuk mendownload APK dari playstore. Biasanya cara ini sangat ampuh untuk mengatasi error saat mengunduh di playstore.

Itulah 7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore. Semoga semua cara diatas bisa memberikan solusi bagi yang selalu error ketika download APK di playstore. Punya tips dan trik yang lebih jitu? Silahkan bagikan di komentar.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.