5 Mitos Baterai HP Android Yang Keliru

Mitos baterai smartphone Android yang keliru – Jika anda pengguna smartphone Android pasti seringkali mendengar bahwa banyak sekali cara, tutorial, dan tips trik mengenai baterai smartphone Android. Namun apakah semua kabar tersebut dapat dipercaya kebenarannya?.

Mengisi baterai smartphone anda itu adalah hal yang sangat penting. Biasanya anda diwajibkan untuk melakukan isi ulang baterai dalam kurun waktu 1 atau 2 hari, namun tergantung pada penggunaannya.

Baca juga: 5 Fakta Kekurangan GTA V dibanding GTA San Andreas

Banyak sekali kabar yang belum tentu kebenarannya yang di posting di website yang belum tentu itu benar, namun anda sudah melakukan apa yang dibahas pada artikel tersebut. Nah, langsung saja kita bahas intinya, berikut adalah mitos mengenai baterai smartphone Android.

1. Jangan Pakai Smartphone Ketika Sedang Mengisi Ulang Baterai

Pasti anda pernah mendengar salah satu dari anggota keluarga anda mengatakan “HP jangan dimainin dulu, lagi di cas”. Nah, banyak sekali orang yang sangat percaya akan mitos ini.

Mereka bilang bahwa jika kita menggunakan smartphone ketika melakukan isi ulang baterai maka baterai smartphone bahkan smartphone anda akan cepat rusak. Padahal mitos ini 1000% SALAH, karena banyak merek smartphone Android yang telah memberikan klarifikasi mengenai mitos ini, mereke bilang bahwa tujuan dari tidak menggunakan smartphone ketika di isi ulang adalah agar baterai smartphone Android tersebut cepat penuh.

2. “Gunakan Charger Bawaan, Jangan Charger Lain!”

Mitos kedua adalah kita dilarang menggunakan charger ber-merek lain, dan hanya dibolehkan menggunakan charger bawaan yang diberikan pertama kali ketika kita membeli smartphone tersebut. Mereka bilang bahwa jika kita menggunakan charger dari merek lain, maka baterai smartphone kita cepat rusak, kembung, dll.

Namun lagi-lagi mitos tersebut SALAH. Kita hanya tidak diperbolehkan menggunakan charger KW, namun masih boleh jika menggunakan charger asli atau orisinil walaupun itu berbeda merek dengan smartphone Android anda.

3. Jangan Isi Ulang Baterai Lama-lama

Mitos ini juga sudah dipercayai oleh para pengguna smartphone Android terutama yang berada di Indonesia. Namun mitos ini juga sudah diklarifikasikan oleh seseorang yang bernama Bryan Clark seorang penulis di MakeUsOf, dia telah mengubungi pihak Apple dalam tujuan mengklarifikasikan masalah ini, dan perusahaan Apple tersebut menjelaskan bahwa, mereka tidak melaran smartphone di isi ulang lama bahkan hingga semalaman.

Kok boleh? Ya, karena teknologi semakin maju sehingga smartphone mempunyai fitur yaitu dapat memotong arus yang masuk jika baterai smartphone Android anda telah dalam keadaan penuh. Nah, sekarang masih takut isi ulang baterai semalaman?

4. Isi Ulang Baterai Sampai Full

Gambar baterai full

Gambar dari blackxperience.com

Saya juga tidak mengerti mengapa banyak orang yang percaya pada mitor isi ulang baterai harus sampai full, padahal jika kita mencabut HP kita dari charger dalam keadaan baterai full, setengah, 10%, 40%, 60% itu tidak ada masalah sama sekali, bahkan sudah banyak orang yang tidak mengisi penuh baterai HP nya, karena sudah mengetahui bahwa mitos ini ternyata SALAH.

5. Isi ulang baterai jika mau habis!

Mitos ini ternyata pernah berlaku pada baterai ni-cad yang sudah cukup lama. Tapi di era 2016 ini, hampir semua smartphone menggunakan baterai yang modern, contohnya adalah baterai Lithium Ion.

Baca juga: Beberapa Kelebihan Android Kitkat

Banyak orang yang berpikir jika kita mengisi ulang baterai ketika ingin habis agar baterai dapat mengingat kapasitasnya, namun ketika smartphone Android era sekarang ini sudah menggunakan baterai yang modern, maka anda tidak perlu lagi takut untuk mengisi ulang baterai ketika sudah 0% atau habis bis bis…..

Nah, jika anda sudah membaca mitos baterai smartphone Android yang keliru ini, jangan lakukan hal-hal diatas yang ternyata sudah terbukti 1000% SALAH. Nah, itulah tadi ulasan kami tentang mitos baterai smartphone Android. Semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.