Siapa Pembuat Linux dan Mengapa Digratiskan? Ini Dia Alasannya!

Pembuat Linux dan Alasan Linux DigratiskanLinux merupakan sistem operasi open source dan gratis yang paling banyak digunakan di dunia. Tidak seperti OS lainnya, tidak ada satu orang pun atau perusahaan manapun yang mengambil keuntungan dari distribusinya. Linux merupakan hasil dari gagasan dan kontribusi banyak individu di seluruh dunia.

Baca juga : Mengapa Hacker Menggunakan Linux? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Dan untuk mengetahui lebih jauh siapa saja orang dibalik OS ini, mari kita simak beberapa nama besar yang mempelopori lahirnya linux. Mungkin tidak lengkap namun cukup memberikan kita informasi yang dibutuhkan.

 

Daftar Tokoh Pembuat Linux

 

Pembuat Linux

Logo OS Linux

 

Richard Stallman

 

Pada tahun 1983, Richard Stallman memulai proyek GNU, hal ini didasari oleh keinginan menciptakan OS yang compatible dengan Unix. Richard mendirikan Free Software Foundation beberapa tahu setelahnya dan kemudian menjadi salah satu pelopor software gratis terkemuka.

Richard memang tidak memberikan konsep tentang perangkat lunak bebas, namun ia memberikan kerangka filosofis yang jelas. Richard mengatakan bahwa perangkat lunak bebas adalah suatu software yang bisa digunakan secara bebas untuk menyalin, mendistribusikan, belajar, mengubah dan memperbaiki.

 

Linus Torvalds

 

Linus Torvalds adalah pencipta dari linux, sebuah proyek yang telah ia mulai sejak masih duduk di universitas Gelsinki. Projek GNU Richard telah menyediakan sebagian besar dari yang dibutuhkan, namun ada satu bagian penting yang hilang, yaitu kernel. Ini adalah bagian yang dibutuhkan untuk membuat perangkat lunak mampu berkomunikasi dengan perangkat keras.

 

Marc Ewing dan Bob Young

 

Marc Ewing membuat sebuah distribusi yang disebut sebagai Red Hat Linux pada tahun 1994. Nama ini berasal dari topi merah yang dikenakan Ewing saat menjadi mahasiswa di universitas Carnegie Mellon. Namun pada tahun 1995, seorang pria bernama Bob Young membeli bisnis Ewing. Kemudian keduanya membentuk sebuah perusahaan baru bernama Red Hat Software.

Baca juga : Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Red Hat Linux merupakan salah satu linux komersil pertama yang tersedia. Di jaman sekarang pun Red Hat Enterprise Linux (RHEL) masih bisa ditemukan di komputer perusahaan atau server. Red Hat telah berkontribusi besar dalam pembuatan perangkat lunak open source.

 

Matthias Ettrich

 

Pada tahun 1996, linux mulai memiliki graphic interface dan sekumpulan aplikasi, namun integrasi satu sama lain masih kurang. Setiap software memiliki tampilan dan interface yang berbeda karena memang dikembangkan oleh orang yang berbeda-beda. Saat itulah Matthias Ettrich memulai K Dekstop Environment.

 

Eric Raymond

 

Pada tahun 1997, Eric Raymond menulis sebuah esai yang disebut ‘The Cathedral and the Bazaar”. Hal itu menjelaskan dua buah pendekatan yang berbeda untuk pengembangan perangkat lunak open source. Android milik google saat ini juga menggunakan metode Cathedral. Sedangkan browser yang popular saat ini, Mozilla Firefox menggunakan pendekatan dengan metode Bazaar.

Itulah sejarah singkat dan beberapa orang yang berperan besar dalam penciptaan dan perkembangan OS linux. Mereka semua dikenal sebagai pembuat Linux atas jasa berharganya. Selain yang telah disebutkan diatas, masih banyak tokoh penting lainnya yang berperan dalam pengembangan linux. Semoga artikel diatas bisa membantu kalian serta menambah pengetahuan.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.