Apakah itu RAM? Kenalan dulu yuk sama RAM

Hardware 0

Pengertian dan jenis RAM – Di era modern ini sudah banyak kebutuhan kita di dalam dunia online maupun offline. Apalagi semua kebutuhan itu hanya bisa diselesaikan dengan menggunakan laptop atau komputer. Misalnya anda ingin bermain game berat, seperti GTA V, CS: GO, dll. Pastinya jika ingin bermain game yang berat anda harus menggunakan spek pc atau laptop yang tinggi pula, terutama dalam bagian RAM.

Pengertian dan jenis RAM

Random Access Memory atau yang biasa kita singkat RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan lebih singkatnya adalah tempat penyimpanan aplikasi yang sedang berjalan, disaat kita membuka aplikasi seperti Mozilla Firefox, Google, Microsoft Word dan sebagainya tentunya memerlukan kapasitas memory dalam membuka aplikasi tersebut dan memory yang dibuka akan disimpan kedalam RAM. Berikut adalah jenis–jenis ram dalam komputer.

1. SDRAM

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) merupakan memori komputer dinamis yang digunakan dalam pc tahun 1996–2003, yang dimulai dipasangkan dengan prosesor Intel Pentium Pro atau Intel Pentium MMX atau Intel Pentium II pada kecepatan 66 MHz hingga mentok pada kecepatan 133 MHz dipasangkan dengan Intel Pentium 4 generasi pertama dan AMD Athlon/Duron.

Setelah itu digantikan dengan RAM jenis DDR yang kecepatannya lebih 2x lipat dibandingkan SDRAM. Karakteristik teknis SDRAM memiliki 168-pin, dengan voltase sebesar 3.3V & FSB 100/133 MHz. Ram jenis ini hanya mempunyai beberapa kapasitas per-ramnya diantaranya 32MB, 64MB, 128MB, 256MB dan 512MB. Namun saat ini sudah jarang bahkan tidak ada yang memakainya.

2. DDR

DDR (Double Data Rate Synchronous) merupakan memori komputer jenis dinamis. Ram ini mulai dikembangkan tahun 2000-an AMD adalah perusahaan pertama pengguna RAM jenis ini. RAM DDR dapat melakukan transfer data dua kali lebih cepat dan dilengkapi dengan kemampuan double clock cycle. Karakteristik teknis DDR memiliki kapasitas frekuensi transfer mulai dari 200 Mhz-400 Mhz, dengan voltase sebesar 2.5 V atau 2.6 V, memiliki 184 pin dengan rincian 92 pin di setiap sisinya. RAM jenis ini masih dapat ditemukan namun sulit karena sudah jarang sekali yang masih menggunakan RAM ini.

3. DDR2

DDR2 adalah pengembangan dari RAM jenis DDR atau bisa disebut dengan RAM DDR Generasi kedua, yang memiliki 2 kali kecepatan membaca (Bus clock) dibandingkan RAM berjenis DDR. Karakteristik teknis DDR2 Memiliki kecepatan transfer 400–1066.67 Mhz dengan 1.8 V dan terdiri 240 pin. RAM jenis ini masih banyak digunakan dan mudah ditemukan.

4. DDR3

DDR3 adalah pengembangan RAM jenis DDR Generasi ketiga yang bisa dibilang istimewa. DDR3 memiliki teknologi 90 nm sehingga daya listrik yang digunakan hanyalah 1.5 V, RAM ini memiliki harga yang tidak murah berkisar 200–500 ribu Rupiah.

Kemampuan RAM DDR3 cukup dibilang memuaskan dengan transfer rate 800–2133.33 Mhz, DDR3 memiliki 240 pin dan berbentuk agak condong kekiri bagian tengahnya. RAM jenis ini banyak dijual dipasaran biasanya RAM ini digunakan untuk Komputer spek gaming yang cukup tinggi.

5. DDR4

DDR4 adalah pengembangan RAM jenis DDR Generasi 4 yang sangat istimewa. DDR4 memiliki harga yang terbilang mahal berkisar 500 ribu–3 jutaan Rupiah, terdengar fantastis bukan? Namun sebanding performa yang sesuai yaitu dengan karakteristik teknis 200–300 Memory Clock, Transfer Data 2133.33–4266.67 Mhz yang 4x lipat dibandingkan DDR2 dan mengkonsumsi daya listrik yang irit hanya sebesar 1.2 Voltase. RAM DDR4 memiliki 288 pin.

RAM ini sangat cocok untuk komputer gaming yang memiliki spek tinggi. Keberadaan RAM DDR4 agak sulit ditemukan karena RAM jenis ini hanya cocok untuk komputer gaming dan harganya yang tidak murah untuk dipasaran.

Di antara beberapa jenis RAM itu, saya merekomendasikan anda menggunakan RAM DDR3 atau DDR4, mengapa, kan mahal? Karena RAM DDR 3 dan DDR 4 memiliki data transfer data yang cukup tinggi, dan bisa menekan jumlah biaya listrik.

Bagaimana, apakah anda sudah mengetahui pengertian RAM? Apakah anda juga sudah mengetahui dan paham tentang jenis-jenis RAM? Jika ya, selamat anda telah membaca artikel ini dengan teliti.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.