Pengertian dan jenis ejaan kata secara lengkap
Pengertian dan jenis ejaan kata secara lengkap

Pengertian dan Jenis Ejaan Kata Secara Lengkap | TeknologiRAF

Diposting pada

Pengertian dan jenis ejaan kata – Selamat datang di website TeknologiRAF. Pada kali ini saya akan share mengenai pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran ejaan kata ini akan keluar di Ujian Nasional SMP, jadi anda sangat perlu untuk mempelajari pengertian dan jenis ejaan kata untuk menghadapi Ujian Nasional nantinya.

Belajar ejaan kata dan jenisnya

Pengertian Ejaan Kata

Ejaan kata merupakan tata bahasa yang mempelajari tentang kaidah penulisan kata. Kata secara sederhana merupakan satuan terkecil yang dapat berdiri sendiri dan mempunyai arti kata.

Jika kata sudah diwujudkan ke dalam susunan kata berupa kalimat, maka kata tersebut tidak lepas lagi dan sudah menjadi satu kesatuan.

Mereka saling berhubungan mendukung arti dan makna kalimat tersebut. Adanya perubahan pada bentuk kata juga akan membawa perubahan fungsi dan juga arti kata.

Jenis Ejaan Kata

Bentuk kata secara umum, terbagi atas kata dasar (asli) dan kata turunan yang terbentuk karena adanya proses gramatikal atau tata bahasa, seperti afiksasi, reduplikasi, klitika, gabungan kata, preposisi, artikel, dan partikel.

1. Kata dasar

Kata dasar merupakan kata asli yang ditulis sebagai satu satuan dan mempunyai arti secara leksikal atau kamus bahasa Indonesia.

Gambar Gravatar
Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.