Pengertian Deep Web dan Dark Net Serta Cara Mengaksesnya

Fakta Unik dan Menarik 0

Pengertian deep web – Saat kita mengunjungi Facebook, Twitter, Google, Bing, dan sebagainya kita sering mendengar Istilah Surfing atau Berselancar di Dunia Maya. Tapi tahukah kamu? Jika selama ini kita hanya mengakses internet hanya di permukaannya saja. Selama ini ada lebih dari 90% informasi yang belum kita dapatkan di Internet dan hanya bisa kita temui di Deep Web.

Apa itu Deep Web? Apa perbedaanya dengan Dark Net? Bagaimana cara mengaksesnnya?. Pada kesempatan artikel kali ini blog TeknologiRAF akan menjelaskan semua hal yang terkait dengan Deep Web dan Dark Net. Mulai dari pengertian deep web dan pengertian dark net, hingga cara mengakses deep web dan dark net. Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Pengertian Deep Web dan Dark Net

Pengertian Deep Web dan Dark Net

Pengertian Deep Web dan Dark Net

 

Deep Web adalah sekumpulan konten World Wide Web (www) yang tidak terindex oleh mesin pencari (search engine) standar (Google, Bing, Yandex, dan sebagainya).

Jadi Deep Web ini hanya bisa di akses dengan bantuan tools khusus. Fakta unik dan menariknya, menurut hasil penelitian jumlah konten yang ada di Deep Web ini sangatlah banyak. Sekitar 96% dari keseluruhan konten yang ada di Internet dan sisanya 4% adalah situs situs yang bisa di index oleh mesin pencari standar seperti facebook, twitter, blogspot, dan sebagainya.

Sedangkan Dark Net atau yang biasa di sebut Dark Web merupakan sisi gelap internet (sesuai dengan namanya) yang hanya bisa di akses melalui jalur khusus, sebut saja salah satunya TOR Network atau Jaringan TOR.

Jadi bisa dikatakan Dark Net ini merupakan salah satu bagian kecil dari Deep Web Jadi apa perbedaan antara Deep Web dan Dark Net?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa “Dark Net merupakan bagian kecil dari Deep Web”. Jadi jangan salah kaprah dalam mengartikan istilah Deep Web.

Jika selama ini kalian menganggap bahwa Deep Web hanya bisa di akses melalui Jaringan TOR kalian salah besar. Kenapa ?
Seperti yang sudah saya katakan di awal tadi bahwa “Deep Web adalah sekumpulan konten WWW yang tidak terindex oleh mesin pencari standar” yang artinya konten Deep Web bisa dikases dengan jaringan Internet pada umumnya.

Jadi begini, jika kalian mempunyai akun facebook dan kalian melakukan chatting dengan seseorang, itu juga termasuk ke dalam Deep Web karena tidak terindex oleh mesin pencari standar. Begitupun dengan jaringan Lokal, sebuah jaringan lokal yang terhubung ke internet pastinya memiliki sebuah router dimana untuk mengelola router tersebut kita harus masuk ke sebuah halaman login yang biasanya berupa alamat IP atau domain yang kita akses melalui browser dan pastinya tidak terindex mesin pencari dan harus masuk ke jaringan lokal untuk dapat mengaksesnya.

Oleh karena itu dikatakan bahwa Deep Web merupakan 96% konten dari keseluruhan konten di Internet. Jadi Dark Net merupakan bagian dari Deep Web dan ada banyak bagian-bagian dari Deep Web lainnya.

Kalian mungkin pernah membaca tentang Deep Web di Blog-blog berbahasa Indonesia dan beranggapan bahwa Dark Net berisi dengan konten-konten yang sifatnya ilegal seperti jual beli narkotika, jual beli senjata, perdagangan organ tubuh manusia, situs aneh, situs unik, tempat berkumpulnya para hacker. Dan jika ada transaksi biasanya menggunakan mata uang virtual seperti Bitcoin.

Tapi Dark Net tidaklah seburuk yang kita kira. Isinya hampir sama seperti Internet pada umumnya dan memang terdapat beberapa konten ilegal dan juga tempat berkumpulnya hacker. Tapi tidak seburuk itu kok, merkipun begitu kita juga harus waspada.

Untuk cara mengakses deep web bisa juga dengan menggunakan Tor Browser seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya…

 

Cara Mengakses Dark Net

 

Salah satu cara mengakses Dark Net adalah dengan menggunakan TOR Browser yang bisa kalian download di TorProject.org. Download sesuai dengan OS yang kita gunakan.

Di dalam Dark Net semua website adalah berdomain .onion dan alamatnya acak, jadi jangan heran jika kita menemukan website dengan URL yang tidak jelas, susah di hafal dan terkadang alamatnya berubah. Kalian pasti sudah tau jawaban kenapa website yang ada di Dark Net demikian.

Kita bisa mencari daftar website melalui Hidden Wiki yang merupakan jelmaan Wikipedia di Dark Net. Sebenarnya dengan menggunakan TOR Browser, identitas asli komputer kita sudah ditutupi atau menggunakan Virtual IP Address, jadi IP Address asli kita tidak diketahui. Tapi untuk berjaga-jaga kita bisa menggunakan Proxy atau VPN untuk mendapatkan perlindungan lebih.

 

Kesimpulan

 

Intinya jangan terlalu percaya bahwa Dark Net sangat sangat berbaya dan jangan terlalu menganggap bahaya Dark Net. Dan berikut adalah beberapa tips jika kita hendak memasuki Dark Net :

1. Jangan mendaftar akun dengan password yang sama dengan password yang kita gunkaan di Internet biasa.
2. Jangan mendowload konten sembarangan, kemungkinan sudah di sisipkan backdoor, spyware atau malware lainnya.
3. Pasang dan perhatkan indikator trafik jaringan, jika ada yang mencurigakan segera lakukan tindakan pencegahan (matikan arus listrik jika perlu)
4. Pasang Proxy atau VPN untuk berjaga-jaga.
5. Waspada dan selalu hati-hati, ada banyak konten yang bisa mengganggu keadaan psikologis kita.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian deep web dan darknet serta cara mengaksesnya. Perlu kamu ketahui juga ya, bahwa ketika kamu mengakses deep web dan dark net, maka TeknologiRAF sama sekali tidak bertanggung jawab dan semua resiko ditanggung sendiri.

Tags:
author

Author: 

Seorang penulis dan blogger pemula, siswa XI RPL 1 SMKN 1 Karawang. Menulis adalah hobi saya. Tertarik terhadap dunia pemrograman dan dunia web design.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.