Pengertian, jenis, dan gejala komponen biotik dan abiotik
Pengertian, jenis, dan gejala komponen biotik dan abiotik

Pengertian, Jenis, dan Gejala Komponen Biotik dan Abiotik

Diposting pada

Pengertian, jenis, dan gejala komponen biotik dan abiotik РSelamat datang di website TeknologiRAF. Pada hari ini mari membahas kembali pelajaran sekolah, yaitu pelajaran IPA.

Pengertian, jenis, dan gejala komponen biotik dan abiotik

Komponen ekosistem terdiri atas komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang terdiri atas komponen hidup. Komponen biotik dibedakan menjadi 3 macam, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai.

Adapun komponen abiotik terdiri atas komponen yang tidak hidup.

Berikut penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan gejala komponen biotik dan abiotik.

Pengertian Komponen Biotik dan Abiotik

1. Komponen biotik

a. Produsen

Produsen adalah sekelompok makhluk hidup yang mampu memproduksi makanan sendiri melalui fotosintesis. Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah tumbuhan berklorofil. Melalui tahap fotosintesis, dapat dihasilkan zat organik yang diperlukan oleh organisme lainnya.

b. Konsumen

Organisme yang tidak memiliki kloforil, maupun tidak mampu memproduksi makanan sendiri atau biasa disebut heterotrof memperoleh makanan dengan cara mengonsumsi organisme lain. Organisme yang demikian ini disebut konsumen.

c. Dekomposer (pengurai)

Pengurai atau dekomposer adalah kelompok makhluk hidup yang berperan menguraikan sisa tubuh makhluk hidup yang telah mati. Dengan kata lain, pengurai berperan memecah zat organik menjadi zat anorganik.

Gambar Gravatar
Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.