Fakta Unik dan Menarik

Pengertian dan Penjelasan DeepWeb

Skema DeepWeb

Pengertian dan Penjelasan DeepWeb – DeepWeb atau yang lebih dikenal dengan nama Deepnet, DarkNet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web merupakan bagian dari WWW (World Wide Web) tetapi tidak seperti web biasa. DeepWeb hanya bisa diakses melalui aplikasi pencari khusus. Seperti yang kita tahu, bahwa kita browsing di internet itu terlihat sangat banyak, bisa browse apapun disitu. Tetapi, tahukah anda bahwa web yang anda gunakan itu hanyalah sebagian kecil dari seluruh web. Kesimpulannya, DeepWeb memiliki wawasan untuk browsing lebih banyak dan luas dibanding web yang biasa kita temui.

Dalam kertas Jack Oliver, sebuah seminar mengenai DeepWeb yang dipublikasikan dalam Jurnal Publikasi Elektronik, bahwa Jill Ellsworth menggunakan istilah Invisible Web atau Web yang tidak kasat mata pada tahun 1994 untuk mengacu kepada situs web yang tidak teregistrasi dengan mesin pencari web apapun. Bergman mengacu kepada artikel yang diterbitkan pada bulan Januari 1996 oleh Frank Garcia: “Situs ini adalah situs yang didesain dengan baik, tetapi mereka tidak melakukan proses registrasi dengan mesin pencari web apapun. Sehingga tidak ada yang dapat menemukan mereka. Secara teknis, situs tersebut merupakan situs yang tersembunyi. Saya menyebutnya sebagai Invisible Web atau Web yang tidak kasat mata”.

Salah satu awal penggunaan istilah Invisible Web adalah oleh Bruce Mount dan Matthew B. Koll yang berasal dari Library Software, dalam deskripsi mengenai @1 deep Web tool yang ditemukan pada wawancara press pada bulan Desember 1996.

Baca juga: Ini Dia! Hubungan Teknologi dengan Ikatan Cinta

DeepWeb berisi konten konten yang tidak ditemukan di web biasa seperti situs jual beli organ tubuh, jasa bunuh orang, jasa mencuri, jasa rampok, situs situs dewasa, konten dewasa, perdagangan antar negeri tanpa sepengetahuan negara, informasi suatu negara, rahasia negara, rahasia suatu pulau, dan masih banyak lagi.

Pengertian dan penjelasan deepweb

DeepWeb dengan web itu seperti air pada laut. Menurut istilah, DeepWeb seperti air terdalam dan web seperti permukaan air. Di permukaan air hanya ada ikan ikan dan makhluk kecil lainnya, sedangkan dasarnya itu terdapat ikan dan makhluk yang lebih besar.

DeepWeb tidak menggunakan domain .com, .co.id, .net, atau sebagainya. DeepWeb menggunakan .onion sebagai simbol dari DeepWeb. Jika anda menemukan situs web dengan .onion, maka saya sarankan anda membukanya di browser khusus. Karena jika anda membuka di browser biasa seperti Internet Explorer, Mozila Firefox, Chrome, Google, atau sebagainya akan menjadi sasaran empuk untuk para hacker.

WWW sebenarnya terbagi menjadi 6 Level, apa saja sih levelnya? Simak penjelasan berikut:

1. Level 0 atau Common

Level ini adalah dimana anda sekarang browsing, hanya 10% ancaman yang terdapat.

Baca juga: Inilah Dia 7 Mesin Pencari Selain Google!

2. Level 1 atau Surface

Level ini mulai memuat konten konten dewasa atau konten yang berhubungan dengan larangan. Disini tingkat ancaman meningkat 20%, karena banyak link yang menunjukkan untuk mendownload suatu malware atau virus atau hack.

3. Level 2 atau Bergie

Level ini hampir sama seperti level 1, tetapi kali ini memuat suatu rahasia kecil atau link khusus atau link rahasia yang aman dan bisa jadi itu juga link hack.

4. Level 3 atau DeepWeb

Level ini anda perlu keamanan khusus untuk bisa browsing disini. Kenapa? Karena disini sudah terdapat hacker yang siap siaga, kapan saja, dimana saja akan meng-hack perangkat bahkan jaringan bahkan pula informasi penting anda. Di level ini mulai banyak yang bisa di browsing, mulai dari hal yang kecil, sampai hal yang belum satu orang pun mengetahuinya. Disini kamu perlu Proxy untuk melindungi perangkat anda.

5. Level 4 atau Charter

Level ini sudah kecil kemungkinan perangkat anda baik baik saja, karena disini sudah mulai berkeliaran dimana mana para hacker. Dari yang pro sampai noob. Presentase bisa selamat itu hanya sekitar 40%.

Baca juga: 9 Keuntungan Gadget Jadul Yang Jarang Diketahui

6. Level 5 atau Marianas

Level ini adalah level terdalam web! Disini terdapat informasi perdagangan, informasi penjualan barang haram, penjualan barang ilegal, dan masih banyak lagi. Setelah anda masuk, kemungkinan anda bisa selamat dengan tak adanya masalah hanya 10%. Karena banyak file yang sudah dicemari virus atau pun malware.

Ya mungkin cukup sampai disini penjelasan dari DeepWeb, berhati hatilah saat anda memasuki web, karena belum tentu web tersebut aman ^_^.

1 Comment

1 Comment

  1. Internet cepat Makassar

    20 Maret, 2017 at 16:09

    wahh thanks banget infonya, lagi iseng iseng juga mau coba buka deep web heheh

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top