Hardware

Kenalan Dulu Yuk Sama ROM

Pengertian dan penjelasan ROM

Pengertian dan penjelasan ROM – Saat kita sedang bermain atau mengerjakan sesuatu, dan kita ingin save hasil kerja tersebut, pastinya kita akan membutuhkan hardware untuk menyimpannya. Hardware apa yang dimaksud? Ya, itu adalah ROM. Apa itu ROM? ROM (Read Only Memory) yaitu suatu hardware pada PC yang berupa chip memori semi konduktor yang isinya hanya bisa dibaca saja. Dari tadi disebutkan hardware ya, sebenarnya apasih hardware itu? Hardware akan kita bahas di post selanjutnya. Kembali ke ROM, ROM adalah salah satu memori yang terdapat dalam PC. ROM bersifat permanen yang artinya tidak mudah hilang saat PC sudah dimatikan.

Pengertian dan penjelasan ROM

Fungsi ROM adalah sebagai media penyimpanan firmware yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan Hardware. ROM meskipun sudah tersimpan, data yang tersimpan itu juga bisa diubah ubah dan bisa dipindah pindahkan dengan manual. ROM tak dapat berubah dengan cara otomatis kecuali adanya virus atau error pada ROM dan juga pada jenis tertentu.

ROM ada macam macam jenisnya. Apa saja jenis jenisnya? Ayo simak penjelasan berikut!.

1. Mask ROM

ROM jenis ini adalah ROM yang berbeda, yaitu ROM yang tak dapat ditulis ulang, diubah, bahkan dipindahkan lagi sehingga tak dapat di upgrade.

2. PROM

ROM jenis ini berbeda juga dari sebelumnya. PROM atau Programmable Read Only Memory adalah jenis ROM yang hanya bisa dibaca datanya, yang artinya tak bisa diubah, ditulis ulang, dan di pindahkan.

Baca juga: Perbedaan Mouse Biasa Dengan Mouse Gaming

3. EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)

ROM yang ini berbeda juga dari yang sebelumnya, karena ROM ini memiliki keistimewaan. Apa keistimewaannya? Keistimewaannya yaitu data yang tercantum bisa ditulis ulang, diubah secara elektris. Tetapi, meskipun istimewa, terdapat pula kelemahannya. Yaitu data yang terdapat pada ROM ini akan hilang ketika komputer terkena sinar ultraviolet. Tetapi juga, data di ROM tak dapat hilang ketika PC dimatikan atau tidak mendapat aliran listrik.

4. EEPROM

EEPROM atau Electrically Erasable Programmable Read Only Memory sama seperti Mask ROM, PROM, dan EPROM. Yaitu komponen yang digunakan pada peralatan elektronik untuk menyimpan konfigurasi data dengan kapasitas yang terbatas. EEPROM biasa digunakan pada PC yang biasa digunakan. EEPROM biasanya digunakan untuk menyimpan data konfigurasi BIOS dan setting yang berhubungan. Proses penghausan EEPROM lebih cepat karena data dapat dihapus secara elektrik dengan sinar ultraviolet. EEPROM pun memiliki jenis yang berbeda, yaitu EEPROM Rewrite. EEPROM Rewrite adalah alat untuk menghapus data pada EEPROM. Contoh memory yang sejenis dengan EEPROM adalah Flash Memory yang jenisnya bisa ditulis ulang.

ROM mempunyai banyak jenis, tapi tahukah anda bahwa ROM itu memiliki kelemahan dari penjelasan diatas. Apa saja kelemahannya? Ini dia beberapa kelemahan ROM:

Baca juga: Apakah itu RAM? Kenalan dulu yuk sama RAM

1. Data ROM akan terhapus bila terkena sinar ultraviolet. Tetapi pada jenis tertentu data ROM tak akan terhapus bila terkena sinar ultraviolet,
2. Kapasitas ROM terbatas. Yang berarti ROM bisa mengalami kepenuhan bila dipakai untuk menyimpan data secara terus menerus,
3. Beberapa jenis ROM tak bisa ditulis ulang. Itulah kerugian saat kita membuat hasil pekerjaan tetapi tak dapat ditulis ulang, maka harus diulang kembali dari awal,
4. Jenis mask ROM tak dapat melakukan perbaikan apapun, hanya bisa melakukan penyimpanan data saja.

Itulah pengertian, jenis, dan kelemahan dari ROM. ROM bisa diganti ganti sesuai kecocokan ROM pada komputer tersebut.

3 Comments

3 Comments

  1. BBM MOD PINK

    19 Desember, 2016 at 16:08

    informasi yang sangat berguna bagi saya yang masih awam mengenai PC sobat, handal artikelnya …

  2. Andrias

    19 Desember, 2016 at 16:17

    Info yang sangat membantu bos

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top