Pengertian Web Desain dan Fakta Unik Web Desain

Fakta Unik dan Menarik 0

Pengertian web desain – Bagi kamu yang berprofesi sebagai blogger atau yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia internet, pasti mengenal yang namanya web desain. Lalu, apa sih yang dimaksud web desain itu?. Pada artikel kali ini tentang fakta unik dan menarik, blog TeknologiRAF akan membahas web desain, mulai dari pengertian web desain hingga fakta unik web desain.

 

Pengertian Web Desain

Pengertian web desain dan fakta unik web desain

Pengertian web desain dan fakta unik web desain

Di lansir dari Wikipedia sendiri Web Desain adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana tampilan isi suatu website atau situs. Tampilan dari website biasanya berupa hypertext (HTML) atau hypermedia yang dikirimkan ke user melalui World Wide Web.

Baca juga : Pengertian Deep Web dan Dark Net

Jadi dapat kita simpulkan bahwa web desain adalah semua tampilan yang kamu lihat di layar komputer atau ponsel mu saat ini. Sesuai dengan kata kata diatas bahwa web desain biasanya berupa HTML dan juga pastinya dipadukan dengan bahasa CSS untuk memberikan warna tampilan tersendiri di dalam suatu situs website.

Cukup mudah dipahami kan pengertian web desain ini? Kalau kamu sudah cukup mengerti, mari kita lanjut ke materi fakta unik web desain.

 

Fakta Unik Web Desain

 

Ada juga fakta-fakta unik tentang web desain yang tentunya bisa menambah wawasan kamu. Berikut adalah 6 Fakta Unik Tentang Web Desain.

 

1. Website Diproses Berbeda Pada Setiap Web Browser

 

Apakah kamu selama ini menganggap semua tampilan website itu sama di layar ponsel mu dengan layar ponsel orang lain? Anggapan kamu sangatlah salah.

Memang ada sebagian besar website jika dibuka dengan web browser yang berbeda itu sama, tapi coba perhatikan lebih detail pasti kamu akan menemukan perbedaannya.

Contoh kecilnya saja, coba kamu buka m.facebook.com di Mozilla Firefox Browser dan Chrome Browser. Sangat-sangat berbeda sekali, bukan?

 

2. Web Desain Menentukan Dibagian Mana Pengunjung Akan Fokus

 

Ini sudah sering terjadi, maksudnya adalah biasanya kamu akan fokus terhadap bagian-bagian tertentu di sebuah situs kan. Coba saja kunjungi teknologiraf.com, tanpa kamu sadari kamu akan langsung tertuju ke bagian list post dan sidebar biasanya.

Tidak mungkin kamu tiba tiba akan tertuju ke halaman footer. Itulah yang dimaksud di point ini.

 

3. Template Membatasi Apa Yang Bisa Kamu Lakukan Pada Situsmu

 

Ini biasa terjadi di beberapa kasus platform blogging, oke yang biasa sering kita dengan adalah MyWapBlog yang membatasi penggunanya dalam mengedit isi situs blog mereka.

Biasanya yang demikian ini hanya bisa mengutak atik bahasa CSS nya saja, tapi di beberapa platform blogging besar seperti Blogspot bebas untuk mengedit template.

 

4. Gambar & Video bisa memberikan dampak positif dan negatif

 

Jangan kira gambar dan video hanya memberikan dampak positif saja. Selain memperindah tulisan blog ataupun tampilan website. Gambar & video juga bisa memberikan dampak negatif juga.

Beberapa dampak negatifnya adalah dicap sebagai blog spam, sandbox google, deindex, bahkan berkurangnya pengunjung website. Hal ini biasanya di akibatkan oleh Pen-copy-an gambar & video yang memiliki hak cipta, konten porno atau gambar & video yang tidak disukai pengunjugn seperti gambar & video yang mengandung unsur sara, penghinaan, dan sebagainya.

 

5. Karya Desain Web Yang Baik Berkisar Antara 5-50 juta.

 

Gak kebayang kan? Web desain itu juga mahal dan butuh keahlian khusus, tidak hanya imaginasi saja tetapi juga harus menguasai dasar-dasar HTML dan CSS.

Lama pembuatan desain website juga tergantung, kadang bisa 1 hari dan bahkan mencapai berbulan bulan.

 

6. Web Desain Responsive Berbeda Dengan Web Desain Mobile

 

Tahukah kamu bahwa tampilan suatu situs unik berbeda tampilan di ponsel dan komputer. Beberapa website di rancang sama persis tapi sebagian besar di rancang memiliki perbedaan desain.

Baca juga : Bikin Ngiler! Inilah 10 Fasilitas Yang Diterima Oleh Karyawan Google

Contoh kecil yang sering kalian kunjungi adalah sosial Media Facebook. Coba kalian kunjungi alamat facebook.com di ponsel dan juga komputer, pasti berbeda jauh sekali bukan?

Setelah membaca pengertian web desain dan fakta uniknya diatas, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang desainer web?. Melihat dari penghasilannya tentu saja semua orang yang mengetahuinya pasti akan tergiur. Jika kamu tertarik, maka sebaiknya kamu mempelajari dasa-dasar web desain terlebih dahulu.

Tags:
author

Author: 

Seorang penulis dan blogger pemula, siswa XI RPL 1 SMKN 1 Karawang. Menulis adalah hobi saya. Tertarik terhadap dunia pemrograman dan dunia web design.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.