3 Penyakit Mental Yang Timbul Akibat Media Sosial

3 Penyakit mental akibat media sosial – Ketika teknologi semakin canggih dan semakin memudahkan pemakainya untuk mendpatkan informasi dan melakukan segala transaksi sosial, tentu hal itu merupakan dampak yang baik bagi pemakainya. Namun, dengan hal itu, maka teknologi pun mempunyai dampak negatif lainnya yang bisa menyerang penggunanya, terutama ketika kita menjadi pengguna media sosial. Beberapa ahli telah melakukan berbagai penelitian yang menerangkan bahwa terdapat beberapa penyakit mental yang bisa ditimbulkan karena media sosial. Lantas, apa saja penyakit yang mungkin menyerang pengguna media sosial? Berikut adalah penyakit yang mungkin timbul dari penggunaan media sosial

3 Penyakit mental akibat media sosial

1. Narcissistic Personality Disorder (NPD)

Penyakit NPD ini lebih kita kenal dengan istilah perilaku narsis, yaitu perilaku pamera segal aktivitas mengenai dirinya. Perilaku ini ternyata dapat memicu penyakit psikologis NPD. Penderita NPD ini akan lebih cenderung untuk bersikap egois, arogan atau tidak berempati terhadap orang lain dengan mengharapkan berbagai pujian mengenai dirinya sehingga penderitanya akan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain dan memicu depresi.

Baca juga: Pintu ajaib Doraemon benar-benar ada

2. Depresi

Ya, penyakit depresi ini lebih identik dengan perasaan yang buruk yaitu rasa sedih yang mendalam atau rasa tertekan yang sangat berlebihan. Ketika depresi menyerang, maka akan terdapat kemungkinan penderitanya melakukan hal-hal nekat bahkan dorongan untuk bunuh diri, hal yang mengerikan bukan?.

3. Voyeurism

Voyeurism ini merupakan perilaku yang suka mengintip. Jika dalam sosial media, hal ini tentu merujuk pada penasaran yang berlebihan atau kepo maksimal yang membuat penderitanya untuk stalking dengan mendalam sehingga sangat terobsesi dengan seseorang diluar batas kewajaran.

Nah, itulah 3 peyakit mental akibat media sosial yang digunakan secara berlebihan, maka jadilah pengguna media sosial yang cerdas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin timbul.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.