Bagusan mana AMD atau Intel ?

Hardware 0

Salah satu dilema dalam dunia komputer adalah memutuskan mana produsen prosesor terbaik antara AMD dan Intel. Sebagai pembeli atau calon pembeli CPU, Anda juga akan atau sudah merasakan dilema memilih antara CPU AMD atau Intel. Pencarian dan riset mengenai perbedaan AMD dan Intel merupakan salah satu topik yang cukup banyak dibahas dan dicari orang. Beberapa orang mengklaim bahwa keduanya tidak ada bedanya.

Benarkah demikian? Untuk menyederhanakan pilihan ketika membeli, tampaknya klaim tersebut ada benarnya, paling tidak dari sudut pandang performa. Perbedaan performa keduanya tidak dapat dilihat dan dirasakan oleh orang awam. Untuk harga jelas terlihat tetapi performa tidak. Pengujian yang dilakukan untuk menguji performa keduanya pun kerap membutuhkan pemahaman mengenai ilmu komputer yang lebih jauh.

Performa Gaming, Umum, dan Harga

Perbedaan AMD dan Intel

Melakukan perbandingan antara AMD dan Intel merupakan hal yang dapat dengan mudah dilakukan. Menentukan mana yang terbaik di antara keduanya itu yang sulit. Selain itu, banyak pengguna komputer umumnya tidak begitu peduli dengan perbedaan keduanya. Yang penting komputer yang mereka gunakan cepat dan tahan lama. Adalah kalangan gamer dan antusias komputer yang kerap terlibat dalam perdebatan mengenai ‘siapa yang terbaik’.

Saat ini, prosesor Intel dan AMD sudah memasuki babak baru dalam tahapan perkembangan keduanya. AMD sudah mengeluarkan seri prosesor terbarunya dengan nama Ryzen, sementara Intel sudah mengeluarkan generasi ke-8 dengan nama Coffee Lake. Tenang, Anda tidak akan menemukan benchmarking dan beragam pengujian yang sulit dimengerti dalam deskripsi perbedaan AMD dan Intel berikut ini.

1. Performa Gaming dan Grafis

Pada umumnya performa prosesor dapat dikhususkan pada performa gaming dan performa operasi biasa dan multi-tasker. Perlu diingat bahwa hasil pengujian antara satu model prosesor dengan model lain dapat menghasilkan hasil yang berbeda. Berikut adalah perbandingan keduanya.

  1. Dalah hal performa gaming, prosesor AMD unggul pada gaming dengan kartu grafis yang terintegrasi, sementara Intel unggul dalam gaming kelas menengah-atas.
  2. Untuk prosesor kelas hardcore (paling tangguh, misal Ryzen Threadripper dan Core i9), keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.
  3. Dari segi grafis, hampir tidak ada perbedaan antara keduanya.

2. Performa Umum dan Multitasking

AMD unggul dari Intel dalam performa umum dan multitasking. Performa prosesor AMD ketika menjalankan operasi sehari-hari lebih unggul dari prosesor Intel. Begitu juga dalam hal mengeksekusi beragam operasi dalam waktu yang bersamaan (multitasking). Fenomena ini menjadi hal yang menarik karena dahulu, prosesor AMD justru dikenal lebih baik dalam segi gaming ketimbang performa dalam segi day-to-day operation.

3. Harga

Dilihat dari sudut pandang harga, AMD jelas lebih unggul dari Intel. Pada kelas yang sama prosesor AMD lebih murah ketimbang prosesor Intel. Perbedaan harga ini merupakan perbedaan AMD dan Intel yang dapat dengan mudah Anda temukan. AMD sudah populer sebagai pilihan ekonomis dengan harga yang terjangkau. Tentu hal tersebut sebanding dengan perbedaan performa keduanya baik untung gaming dan operasi umum.

Prosesor AMD atau Intel, Pilih yang Mana?

Berikut adalah rekomendasi pilihan jika Anda dihadapkan pada dilema memilih prosesor Intel atau AMD.

  1. Pilih AMD jika Anda menggunakan komputer hanya untuk keperluan sehari-hari, menikmati hiburan multimedia, dan memainkan game-game ringan. Anda akan menghemat anggaran dengan membeli prosesor AMD tanpa harus mengeluarkan uang lebih untuk sesuatu yang tidak Anda butuhkan.
  2. Pilih Intel jika Anda menggunakan komputer untuk bermain game-game kelas menengah-atas, dan melakukan editing video serta desain. Prosesor Intel memiliki performa yang lebih baik bagi para gamer kelas menengah dan bagi Anda seorang desainer grafis atau hobi melakukan editing.

Masih bingung? Jika ya, ikuti hati Anda. Tidak dapat dipungkiri terdapat dua kalangan yang memang sudah terpisah dan sulit berubah. Ke-2 kalangan tersebut adalah Intel-minded dan AMD-minded.

Baca juga Klasifikasi, Model, dan Varian Prosesor AMD Seri Ryzen

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.