Apa Perbedaan Bitcoin dan Altcoin?

Cryptocurrency 0

Banyak orang mengira bahwa Bitcoin dan Altcoin sama. Namun pada kenyataannya, terdapat perbedaan yang mendasar di antara kedua mata uang digital ini. meskipun sama-sama berdiri di atas teknologi blockchain, terlihat jelas apalagi ketika anda sudah terjun langsung menggunakan kedua koin ini. Inilah perbedaan Bitcoin dengan Altcoin yang perlu anda tahu sebelum memilih membeli cryptocurrency.

Perbedaan Bitcoin dengan Altcoin

Setidaknya terdapat empat perbedaan utama mengapa banyak orang membedakan Bitcoin dari Altcoin pada umumnya. Beberapa perbedaan itu dilihat berdasarkan eksistensi, cara mendapatkan, kestabilan, dan prinsip di antara kedua cryptocurrency tersebut.

1. Eksistensi

Jika dirunut dari sejarah blockchain dan Bitcoin, kita akan melihat sebuah garis lurus bagaimana dan seperti apa perkembangan Bitcoin dengan Altcoin. Dalam hal ini perbedaan Bitcoin dan Altcoin menjadi nampak jelas. Bitcoin diciptakan terlebih dahulu dan pertama kali dipublikasikan di tahun 2011 lalu. Saat itu hanya Bitcoin lah satu-satunya mata uang digital yang berlaku di dunia.

Kemudian seiring berkembangnya zaman dan teknologi, banyak pihak yang merasa dan menemukan adanya kelemahan dalam Bitcoin. Sehingga muncul berbagai ide dan inovasi untuk mengembangkan mata uang crypto baru. Sebut saja seperti Ethereum atau ETH, Litecoin atau LTC, dan XRP untuk Ripple coin, adalah beberapa contoh cryptocurrency yang dikeluarkan setelah Bitcoin muncul.

2. Cara Mendapatkan (Mining)

Apakah ada perbedaan cara mendapatkan kedua koin ini? Tentu ini adalah perbedaan mendasar yang harus anda ketahui. Ada beberapa cara untuk mendapatkan bitcoin. Misalnya, melalui situs bitcoin, anda bisa membeli sebanyak apapun bitcoin untuk anda kelola. Selain itu Bitcoin bisa didapatkan melalui Faucet atau bisa juga dengan mining atau menambang. Namun cara ini terbilang cukup rumit dan susah.

Untuk bisa menambang Bitcoin ada banyak hal yang perlu anda persiapkan salah satunya adalah peralatan. Setidaknya anda memiliki CPU yang memiliki ruang penyimpanan besar, GPU, dan Asic miner. Beberapa orang mencoba melakukan penambangan dengan alat dan software yang sangat mahal. Sehingga tidak semua orang bisa melakukan ini.

Lalu bagaimana dengan Altcoin? Ada beragam Altcoin yang sudah beredar di dunia. Cara mendapatkannya pun bisa dikatakan cukup mudah termasuk bagi pemula. Altcoin bisa anda peroleh melalui bursa cryptocurrency. Biasanya ada beberapa orang yang menjual karya mereka dan menerima pembayaran dengan cryptocurrency. Altcoin juga banyka disebar di komunitas-komunitas cryptocurrency.

3. Prinsip yang Berbeda antara Bitcoin dengan altcoin

Perbedaan Bitcoin dengan altcoin selanjutnya adalah masalah prinsip. Bitcoin adalah cryptocurrency pertama di dunia, sehingga memiliki sekuritas yang tinggi dan terjamin. Ketika anda ingin memulai untuk berinvestasi di cryptocurrency, anda harus memilih koin mana yang anda beli.

Apakah itu Bitcoin atau Altcoin? Keduanya terlihat sama, namun yang perlu anda tekankan ketika memilih Altcoin adalah keamanan dan prospek ke depannya. Bisa dibilang Bitcoin adalah induk yang memiliki kestabilan dan keamanan yang baik. Sedangkan Altcoin tidak semuanya memiliki kualitas tersebut.

Beberapa Altcin ternyata justru membawa anda kepada penipuan, scam, dan lain sebagainya yang bersifat merugikan. Tak heran Altcoin yang baru muncul sering memberikan iklan dan promosi yang tidak logis dengan iming-iming bonus. Salah satu tawaran yang menggiurkan biasanya Altcoin tertentu dapat bertambah dengan sangat cepat dan dalam waktu yang singkat.

Sebaiknya kenali dulu Altcoin yang ingin anda pilih. Memastikan kestabilan harga melalui analisis grafik itu sangat penting apalagi untuk pemula. Karena Altcoin yang terpercaya sekalipun masih mengalami kenaikan dan penurunan harga yang sangat cepat. Dan pastikan ketika membeli Altcoin tertentu anda melihat harga yang tertera saat itu karena ini mempengaruhi keberhasilan trading anda nantinya.

4. Tingkat Kestabilan Bitcoin dengan Altcoin

Jika kita berbicara mengenai kestabilan suatu cryptocurrency, maka kita tentunya akan melihat dari hasil analisis grafik perubahan nilai atau harga cryptocurrency tersebut. Mengetahui kestabilan suatu koin crypto sangat penting dan utama sebelum kita menentukan atau bahkan merencanakan langkah. Mengapa penting? Alasannya tak lain agar kita terhindar dari kerugian semaksimal mungkin.

Kestabilan suatu cryptocurrecny tidak bisa dipandang dari satu hal. Hal ini karena ada banyak faktor yang mempengaruhi kestabilan tersebut. Salah satu yang paling mencolok adalah jumlah investasi yang ada di dalam cryptocurrency itu. Sederhananya, semakin banyak orang yang melakukan investasi menggunakan cryptocurrency A, maka volume transaksi akan meningkat. Menyebabkan meningkatnya nilai koin crypto itu.

Namun hal di atas hanya berlaku pada Bitcoin. Kamudian bagaimana dengan Altcoin? Kita tahu bahwa Altcoin memiliki tingkat kestabilan yang rendah dan sangat rentan dengan ‘badai’ pasar cryptocurrency. Disatu waktu nilainya bisa meningkat drastis namun di waktu yang lain justru sebaliknya. Hal ini biasanya terjadi karena Altcoin rentan terhadap adanya manipulasi harga.

Sebagai contah, misalnya ketika pemain modal terlalu besar menyuntikkan modal. Ia sengaja membuat agar suatu Altcoin memiliki harga beli yang tinggi. Dari ini ia akan mendapatkan kuntungan yang sangat besar dan banyak. Sejenak ini menguntungkan, namun justru ujung-ujungnya merugikan trader di bawahnya. Umur koin pun rawan tidak bisa bertahan lama.

Apakah Bitcoin Mempengaruhi Cryptocurrency lainnya?

Setelah mengetahui berbagai perbedaan Bitcoin dengan Altcoin yang paling mendasar di atas, tentu anda akan bertanya-tanya adakah pengaruh yang diberikan Bitcoin kepada Altcoin. Bagaimana pun Bitcoin telah lebih dahulu hadir dan menguasai pasar cryptocurrency di dunia. Pasti setidaknyaada sekian persen hubungan dan pengaruh yang bisa terjadi.

Jika kita melihat pasar cryptocurrency melalui beberapa platform khusus exchange koin digital ini, kita akan menemukan banyak macam cryptocurrency. Di dalam exchange tersebut, terpampang dengan jelas grafik kenaikan dan penurunan harga suatu koin digital. Pergerakan grafik ini berubah dari waktu ke waktu dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.

Melihat pergerakan dan perubahan nilai crypto yang sangat cepat itu, kita bisa beranggapan bahwa melakukan trading di pasar crypto tidak smeudah kelihatannya. Kita juga akan berpikir, apakah koin-koin crypto ini dipengaruhi oleh sebuah koin raksasa bernama Bitcoin?

Ada banyak teori mengenai hal ini. namun anda bisa memahaminya dengan melihat analisa grafik mata uang digital lain atau altcoin. Pernahkah anda berada pada suatu keadaan dimana harga Bitcoin melonjak tinggi dan harga altcoin juga turut meningkat tajam? Ini kemudian dijadikan sebagai pemahaman oleh orang awam bahwa ada hubungan yang positif diantara Bitcoin dengan mata uang crypto lainnya.

Anggapan atau kesimpulan itu tidak salah namun tidak selalu terjadi demikian adanya. Nyatanya, harga Altcoin bisa turun drastis ketika Bitcoin malah melesat jauh. Namun pada dasarnya kenaikan dan penurunan harga ini dipengaruhi oleh demand dan defisit serta faktor ‘x’ lainnya. Ketika transaksi mengalir ke altcoin tertentu, harga koin tersebut bisa naik, dan seterusnya.

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.