Perbedaan Software, Driver, dan Firmware

Perbedaan Software, Driver, dan Firmware – Di era serba digital sekarang ini, ada banyak istilah didalam dunia komputer beberapa diantaranya seringkali kita dengar seperti istilah driver, firmware, dan juga software, lantas apa arti dari istilah komputer tersebut? Dan perbedaanya apa? Kali ini TeknologiRAF akan sedikit menjelaskan mengenai arti dan juga perbedaan dari ketiga istilah komputer tersebut, mudah-mudahan artikel ini bisa menjawab semua pertanyaannya.

Perbedaan Software, Driver, dan Firmware

1. Istilah Software

Software bisa diartikan juga sebagai perangkat lunak. Akan tetapi arti dari software memiliki arti yang cukup luas. Sebuah Operating Sistem yang kamu pergunakan saat ini juga termasuk kedalam kategori software. Bisa disimpulkan juga kalo software itu adalah sebuah perangkat yang tidak memiliki wujud fisik. Driver yang nanti TeknologiRAF bahas di poin kedua itu juga merupakan salah satu bagian dari software. Bahkan, sebuah malware yang seringkali kita dengar itu juga masuk kedalam bagian software yang terpisah. Nah, untuk aplikasi yang biasa dipergunakan untuk bekerja, berselancar di internet seperti web browser, MS.Office, dan yang lainnya itu disebut dengan Application Software.

2. Istilah Driver

Driver telah dirancang untuk bisa bekerja disebuah komputer dan juga perangkat lainnya seperti VGA. Salah satu tugas yang diberikan kepada driver adalah sebagai mediator diantara hardware dan juga sistem operasi. Oleh sebab itu, Operating sistem tidak akan bisa hadir untuk bisa memberikan dukungan penuh kepada semua hardware.

Baca juga: Macam–macam Sistem Operasi Komputer

Contohnya adalah ketika kamu memiliki komputer dengan dilengkapi VGA yang cukup canggih, biasanya, komputer akan membutuhkan alat yang bisa menyesuaikan dengan operating sistem tersebut untuk bisa mengakses komponen yang ada.

3. Istilah Firmware

Firmware merupakan salah satu program komputer yang dapat membantu kerja operating sistem terhadap apa yang kita inginkan. Seringkali kita menemukan beragam firmware dengan macam-macam bentuk, seperti perangkat mobile, konsol pada game, komputer, dan lainnya. Nah, firmware ini tersedia pada sebuah chip memori non-volatile yang jarang sekali dalam memerlukan update. Firmware seringkali kita sebut dengan BIOS/UEFI.

Itulah tadi perbedaan Software, Driver, dan Firmware, semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.