Software

Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit Dengan 64 Bit

Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit Dengan 64 Bit

Perbedaan sistem operasi 32 bit dengan 64 bit – Pada artikel kali ini TeknologiRAF akan memberi pengetahuan kepada para pembaca setia, mengenai apa perbedaan Windows 32 bit dengan 64 bit. Jika anda masih bingung dengan perbedaannya, maka anda datang ke artikel yang tepat.

OS atau sistem operasi yang terpopuler dan terbanyak digunakan di Indonesia adalah sistem operasi Windows. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menggunakan laptop untuk membantu membuat tugas, bermain game, dll. Mayoritas laptop atau komputer tersebut menggunakan sistem Windows, walaupun jumlah pengguna Windows hampir tersaingi oleh pengguna LINUX karena alasan kemanan.

Baca juga: 4 Software PC Yang Wajib Kamu Ganti Sekarang Juga

Windows juga memiliki 2 basis sistem yaitu adalah 32 bit dan 64 bit. Banyak sekali pengguna yang tidak memperhatikan apakah laptop atau komputer yang ia gunakan memakai basis 32 bit atau 64 bit.

Nah, padahal didalam penggunannya kedua sistem tersebut memiliki perbedaan yang berdampak terhadap kinerja perangkat yang anda gunakan.

Jika anda sampai sekarang masih belum tahu komputer atau laptop anda memakai windows 32 bit atau 64 bit, maka lakukanlah cara berikut.

1. Klik kanan pada icon My Computer
2. Lalu pilih Properties

Pilih Properties

Arsip TeknologiRAF

3. Nah di menu yang saya kotakkan disitu terdapat sistem yang anda pakai

Windows 32 bit

Arsip TeknologiRAF

Nah, jika anda sudah mengetahui sistem Windows apa yang dipakai, maka langsung saja kita simak penjelasan berikut.

Perbedaan Windows 32 bit dengan 64 bit

1. Peforma yang dimiliki keduanya

Peforma yang dimiliki Windows 64 bit tentu lebih mantap dibanding 32 bit, karena teknologi yang dimiliki oleh processor 64 bit lebih baru dibanding 32 bit. Maka dari itu dibidang peforma tentu yang menang adalah Windows 64 bit, karena mampu melakukan macam-macam pekerjaan yang berat, contohnya adalah mengedit video, desain, bermain games berat, dll, sedangkan Windows 32 bit kurang cocok untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tergolong BERAT.

2. Kapasitas memori

Perlu anda ketahui bahwa kapasitas memori adalah faktor mengapa teknologi 64-bit dikembangkan oleh perusahaan Windows. Karena processor yang terdapat atau yang digunakan oleh 32 bit hanya dapat mendukung memori yang memiliki kapasitas maksimal setara 4 GB saja. Namun dibanding dengan processor 64 bit dapat mendukung memori hingga 16 GB.

3. Aplikasi yang dapat digunakan

Jika anda memakai windows 32 bit maka anda tidak bisa menggunakan aplikasi yang didesain untuk 64 bit, berbeda dengan Windows 64 bit yang dapat menggunakan atau memakai aplikasi yang di desain untuk 32 bit dan 64 bit sendiri. Itulah kelebihan yang sangat menguntungkan bagi pengguna 64 bit dan kelemahan yang tidak meng-enakkan bagi pengguna 32 bit.

Baca juga: Wah Aplikasi Android Bisa Dipakai Di Komputer Lho!

4. Kemampuan untuk memproses data-data

Nama yang dimiliki juga berpengaruh dalam kemampuan untuk memproses data, Windows 32 bit memiliki arti yang berarti dalam 1 kali proses data yang dapat dimuat hanya sebesar 32 bit, sedangkan 64 bit dalam memproses data dapat memuat 64 bit.

Nah, untuk itu jika anda masih menggunakan Windows 32 bit, maka segeralah anda melakukan upgrade ke Windows 64 bit, karena 64 bit memiliki banyak sekali kelebihan-kelelebihan yang sangat amat menguntungkan bagi anda. Semoga bermanfaat artikel yang berjudul perbedaan Windows 32 bit dengan 64 bit.

1 Comment

1 Comment

  1. Adlun Johar Maddani

    24 Juni, 2017 at 06:36

    Info nya sangat bagus…
    Ternyata memang lebihh bagusan 64 Bit
    hehehehe.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top