Prosesor AMD Quad Core Terbaik : Seri Ryzen 3

Hardware 0

Prosesor komputer AMD Quad Core seri Ryzen tampaknya masih diklaim sebagai prosesor kelas entry level terbaik. Seri Ryzen 3 dan 5 dengan model-model utamanya, yaitu Ryzen 3 1200, Ryzen 3 1300X, dan Ryzen 3 2300X, Ryzen 5 1400, Ryzen 5 1500X, dan Ryzen 5 2500X merupakan model prosesor quad-core yang banyak digunakan pada perangkat komputer saat ini.

Munculnya seri Ryzen berhasil membuat Intel kembali mendapatkan saingan berat pada pasar prosesor komputer. Prosesor quad-core Ryzen Bersaing ketat dengan prosesor Intel quad-core. Seri Intel quad-core dari generasi terbaru (Coffee Lake) adalah i3 8100, i3 8300, dan i3 8350K. Jika dibandingkan dengan Intel, prosesor quad-core dari AMD memang lebih banyak dan bervariasi.

Apa Sih Prosesor Quad-Core Itu?

 

Prosesor AMD Quad Core

 

Jika Anda mengalami kebingungan mengenai definisi dari prosesor quad-core, maka hal tersebut tidak mengapa. Prosesor quad-core adalah prosesor komputer yang memiliki 4 core. Masing-masing core mampu mengeksekusi instruksi secara independen. Dengan demikian komputer atau CPU dengan prosesor quad-core mampu mengeksekusi instruksi lebih baik dan lebih cepat dari CPU dengan prosesor di bawahnya (dual-core).

Saat ini, komputer atau laptop dengan prosesor quad-core secara perlahan mulai menggantikan komputer dengan prosesor dual-core. Prosesor Quad-Core juga merupakan standar bagi Anda yang hendak mencari komputer yang mampu menjalankan game-game terbaru. Secara umum pun, prosesor quad core merupakan jenis prosesor yang sangat direkomendasikan untuk perangkat komputer dalam beberapa tahun ke depan.

Bagaimana cara mengetahui bahwa sebuah produk prosesor merupakan prosesor quad-core? Setiap produk prosesor yang dirilis selalu menyertakan imformasi mengenai core dari prosesor tersebut. Jika dalam informasi tersebut prosesor menggunakan 4 core maka dapat dipastikan prosesor tersebut merupakan prosesor quad-core. Untuk merek intel dan AMD, Anda bisa menyortir prosesor quad-core kepada 2 seri utama.

Ke-2 seri utama tersebut adalah seri i3 untuk prosesor Intel quad-core dan seri Ryzen 3 untuk prosesor AMD quad core. Meskipun begitu terdapat beberapa model pada seri Ryzen 5 yang juga merupakan prosesor quad-core. Jika ingin lebih spesifik, Anda dapat menggunakan daftar prosesor quad-core yang sudah dibahas sebelumnya di awal tulisan ini.

 

Prosesor AMD Quad Core Terbaik: Ryzen 3 2200G

 

Jika Anda melakukan pencarian dan riset mengenai prosesor AMD quad-core, maka kebanyakan hasil pencarian tersebut akan mengerucut pada klaim bahwa prosesor AMD Ryzen 3 merupakan prosesor murah dengan kualitas yang baik. Klaim tersebut tentu berdasar dan bukan omong kosong. Prosesor Intel seri i5 dan i7 memang masih prosesor terbaik untuk gamer kelas menengah-atas, tetapi untuk low budget computer, AMD memang jagonya.

Ryzen 3 memiliki 3 model yang populer dan sudah banyak beredar di beragam toko komputer. Ke-4 model tersebut adalah Ryzen 3 1200, Ryzen 3 1300X, Ryzen 3 2200G, dan Ryzen 3 2300X. Perbedaan harga dari ke-4 prosesor tersebut tidak jauh berbeda. Pengecualian diterapkan pada Ryzen 3 2300X. Hal tersebut dikarenakan model Ryzen 3 2300X merupakan model terbaru alias Ryzen generasi ke-2.

Secara umum Ryzen 3 2200G merupakan prosesor AMD quad core terbaik saat ini. Ryzen 3 2200G bahkan merupakan prosesor terbaik di kelas entry-level dan prosesor yang cocok untuk low-budget gamer. Ryzen 3 2200G sudah dilengkapi dengan kemampuan grafis yang sudah terintegrasi (Vega). Jika Anda tidak memiliki budget untuk membeli kartu grafis maka Anda tidak perlu khawatir karena adanya Vega tersebut.

Keunggulan Ryzen bertambah karena harganya yang sangat terjangkau, yaitu Rp 1.560.000. Jika dibandingkan dengan Ryzen 3 1200 yang dibandrol 200 ribu lebih murah jelas Ryzen 3 2200G unggul karena dengan gap 200 ribu tersebut Anda sudah mendapatkan kartu grafis yang terintegrasi. Anda juga tidak membutuhkan 2 model lain, yaitu Ryzen 3 1300x dan Ryzen 3 2300X. Keduanya cocok untuk mereka para overclocker.

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.