Prosesor AMD Terbaik Kelas Entry dan Mainstream Tahun 2018

Hardware 0

Dirilisnya prosesor AMD Ryzen generasi kedua pada April 2018 berhasil menegaskan posisi AMD dalam persaingan prosesor komputer di dunia. Kini, Intel tidak lagi berjalan sendiri dalam pengembangan prosesor di era modern. Bagi para pengguna komputer (umumnya) dan antusias, dirilisnya prosesor Ryzen generasi kedua akan membuat beberapa dari mereka memilih ulang titel prosesor AMD terbaik dari masing-masing kelas.

Processor AMD Terbaik untuk Pengguna Casual dan Gamer Kelas Menengah

Prosesor AMD Terbaik

Jika konsep atau definisi ‘terbaik’ dikaitkan dengan kapabilitas yang dimiliki pada sebuah prosesor maka Ryzen Threadripper merupakan prosesor terbaik AMD saat ini. Prosesor Ryzen seri/model Threadripper memiliki 12-32 core dan cache L3 sebesar 32-64 MB dengan kisaran harga di atas 6 juta. Akan tetapi, apakah prosesor dengan spesifikasi tersebut adalah prosesor yang Anda butuhkan?

Pada umumnya, mayoritas pengguna komputer pribadi (rumahan, PC), termasuk Anda, menginginkan komputer yang mampu menjalankan kegiatan sehari-hari dengan baik. Diantara kegiatan sehari-hari tersebut adalah menjalankan program office, menikmati hiburan (mendengarkan musik, menonton video, dll), menggunakan internet (browsing, download, dll) dan bermain video games.

Anda dapat menjalankan aktivitas tersebut dengan spesifikasi prosesor yang tidak terlalu tinggi tetapi tetap memiliki kapablitas yang baik. Anda dipastikan tidak membutuhkan Ryzen Threadripper untuk menyelesaikan beragam kegiatan tersebut dengan baik. AMD Ryzen dapat diklasifikasikan ke dalam 4 kelas. Ke-4 kelas tersebut adalah entry-level, mainstream, performance, dan high-end (HEDT).

Berikut adalah pembahasan singkat mengenai prosesor di masing-masing kelas.

1. Entry-Level

Prosesor di kelas entry-level memiliki 4 core atau yang lebih dikenal dengan istilah quad core. Saat ini prosesor quad core adalah prosesor standar pada sebuah komputer modern. Jika Anda adalah pengguna komputer casual yang menggunakan komputer untuk bekerja di rumah dan sering mengakses internet dan menikmati hiburan, maka processor AMD terbaik di kelas ini merupakan pilihan terbaik.

2. Mainstream

Prosesor di kelas mainstream memiliki 4-6 core. Jika Anda adalah seorang gamer yang membutuhkan prosesor dengan kapabilitas terbaik yang dimiliki teknologi saat ini dengan harga yang terjangkau, maka prosesor di kelas mainstream merupakan pilihan terbaik.

3. Performance

Prosesor di kelas performance memiliki 8 core. Proses kelas performance cocok untuk Anda yang menginginkan komputer dengan produktivitas tinggi, khususnya dalam hal desain grafis.

4. High-End

Prosesor di kelas hingh-end memiliki 8-32 core dan hanya cocok untuk para antusias.

Berdasarkan penjelasan di atas, prosesor Ryzen di kelas entry-level dan mainstream merupakan prosesor yang paling baik (cocok) untuk mayoritas pengguna komputer. Namun, tipe prosesor manakah yang dapat dikatakan merupakan prosesor terbaik di kelasnya? Dengan mempertimbangkan kapabilitas dan harga (dalam rupiah) berikut adalah 2 prosesor AMD terbaik di ke-2 kelas tersebut.

AMD Ryzen 3 2200G

Di antara prosesor di kelas entry-level, Ryzen 3 2200G merupakan prosesor terbaik di kelasnya. Ryzen 3 2200G sangat cocok untuk dijadikan prosesor komputer Anda dimana Anda menggunakan komputer tersebut untuk day-to-day operation dan menikmati hiburan. Ryzen 3 2200G sudah dibekali dengan kartu grafis yang sudah terintegrasi. Ryzen 3 2200G dibandrol dengan harga (kisaran) Rp 1.560.000.

2. AMD Ryzen 5 1600

Pasca dirilis, Ryzen 5 1600 langsung diklaim sebagai processor AMD terbaik untuk kalangan gamer kelas menengah. Saat ini, generasi ke-2 Ryzen mengambil alih posisinya. Akan tetapi jika harga Ryzen 5 1600 dengan Ryzen 5 2600 (gen. ke-2) dibandingkan terlihat gap harga yang cukup jauh untuk kualitas yang tidak berbeda secara signifikan. Ryzen 5 1600 dibandrol dengan harga (kisaran) Rp 2.600.000.

Baca juga Prosesor AMD Ryzen 3 Terbaik

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.