Fakta Unik dan Menarik

Sejarah dan Perkembangan PlayStation Sony

Sejarah Penemu dan Perkembangan PlayStation Sony

Sejarah dan perkembangan Playstation Sony – Bagi anda yang suka bermain game pasti mengetahui PS, hampir semua orang mengetahui PS atau Playstation karena kepopulerannya di Indonesia yang merambah dari mulai yang memiliki playstation dirumahnya sendiri sampai rental playstation. Tidak hanya itu, hampir di mall–mall besar pasti ada orang yang menjual kaset PlayStation baik PS 2 dan PS 3 karena PlayStation adalah konsol permainan yang menyenangkan. Namun tahukah anda tentang sejarah, penemu dan perkembangan PlayStation Sony? Bagi anda yang gamer atau suka bermain PlayStation tentunya wajib tau tentang hal ini.

Ken Kutagari

Gambar dari gematsu.com

Ken Kutaragi adalah penemu PlayStation yang berasal dari Jepang yang saat ini menginjak diusia sekitar 60 tahunan. Kutaragi memang dikenal dengan siswa yang pintar dibandingkan dengan yang lainnya, pabrik percetakan yang dimiliki keluarganya merupakan tempat dimana ia sering memanfaatkannya untuk mengasah skill mekaniknya. Ketika Kutaragi lulus kuliah dengan gelar Insinyur Informatika dia diterima oleh perusahaan Sony dan bekerja. Disana dia juga mendapatkan popularitas yang bagus dan kehadirannya menyebabkan naiknya angka penjualan produk–produk Sony.

Baca juga: Game – Game Legendaris di PS2

Sekitar tahun 1980-an, Kutaragi tertarik pada konsol permainan sehingga memiliki ide untuk menciptakan konsol permainan namun tidak disetujui oleh pihak Sony. Hingga perusahaan Nintendo pun membujuk pria tersebut untuk membuat chip konsol permainan dan Kutaragi menyetujuinya. Namun, pihak Sony mengetahui hal ini dan Kutaragi hampir dipecat dari pekerjaannya.

Chip yang berhasil dibuatnya saat itu adalah SPC 700 dan CEO Sony yang bernama Norio Ogha malah menyuruhnya untuk menyempurnakan lagi. Kutaragi pun akhirnya melakukan riset terhadap Super NES CD, yaitu aplikasi di dalam PlayStation.

Akhirnya pada tahun 1990, Sony meluncurkan produk playstation dan langsung mendominasi pasaran. Tercatat pada bulan Mei 2004 Sony telah memproduksi sekitar 100 juta PlayStation di seluruh dunia. Dengan prestasi yang luar biasa Ken Kutaragi akhirnya diangkat untuk memimpin Sony Entertainment pada tahun 1997.

Lalu bagaimanakah perkembangan PlayStation dari masa ke masa?. Mari simak yang berikut ini :

1. PlayStation 1 (PS1)

PlayStation 1

Gambar dari cheatsheet.com

PlayStation 1 yang biasa dikenal dengan nama PS One dan PlayStation awal sebelum Playstation 1 disebut dengan PSX atau kode nama dari sistem yang tidak dikembangkan. PS 1 Resmi diluncurkan pada tahun 1990 dan telah diproduksi 100 juta playstation 1 didunia. Game–game yang dihadirkan semasa playstation 1 banyak sekali yang terkenal pada tahun 90-an, anda bisa melihat di link berikut. Game-game legendaris era 90-an.

2. PlayStation 2 (PS2)

PlayStation 2

Gambar dari okharga.com

Konsol permainan seri kedua dari PlayStation yaitu PlayStation 2 pun hadir. Pengembangannya pertama kali diumumkan pada bulan April 1999 dan dipasaran pertama kali pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang. Meskipun tidak selaris dan mengejutkan seperti PlayStation 1 yang hanya diproduksi 90 juta PlayStation 2. Namun, PlayStation 2 memiliki banyak game yang legendaris di tahun 2000-an seperti GTA San Andreas, Need For Speed: Underground, dan masih banyak lagi.

3. PlayStation Portable (PSP)

PSP

Gambar dari playstation.com

PlayStation kali ini menampilkan bentuk yang berbeda, yaitu PSP atau PlayStation dalam bentuk yang Portable. PSP merupakan konsol permainan genggam tangan (handheld). PSP diluncurkan pada tanggal 11 Mei 2003 dalam konferensi pers Sony sebelum E3 2004 Dimulai. Peluncuran resmi di Jepang dilakukan pada 12 Desember 2004 dan Amerika, Asia, dan Eropa pada tahun 2005. PSP memiliki fitur yang tidak hanya menampilkan game, PSP dapat memunculkan video, foto, dan menyetel musik.

Dalam penyimpanannya PSP menggunakan catridge ROM solid yang konvensional. UMD memiliki ukuran fisik lebih kecil daripada CD namun berkapasitas besar hingga 1,8 GB. Tidak hanya itu, PSP mempunya dukungan Memory Stick Sony (PRO Duo), baterai yang dapat di charge dan dilepas, Wi-Fi, layar yang lebih lebar dan stik analog panel yang dapat disodor keluar. PSP mendukung adanya konektivitas konsol ini dengan PlayStation 3, PSP lainnya dan Internet.

Meskipun begitu, PSP masih kalah dengan Nintendo DS yang merupakan pesaing utamanya, sehingga PSP meluncurkan versi yang lebih ringan dan ergonomis yaitu PSP Slim and Lite pada September 2007.

4. PlayStation 3 (PS3)

PlayStation 3

Gambar dari okharga.com

Setelah PSP, Sony meluncurkan perkembangan dari PlayStation 2 yaitu PlayStation 3 yang bersaing dengan Wii oleh Nintendo dan Xbox 360 dari Microsoft. Playstation 3 rilis pada 11 November 2006 di Jepang, konfigurasi final pertama diperkenalkan di TGS (Tokyo Game Show) pada 2006. Dengan teknologi terbaru yaitu cell processor dengan tipe processor yang dioptimalkan untuk melakukan floating point yang berbeda dengan processor desktop pada umumnya. Selain itu GPU dibuat sendiri bekerja sama dengan Nvidia.

Dengan fitur konektivitas Wifi, pembaca kartu memori (SD, Memory Stick Pro Duo, dan Flash Memory). PlayStation 3 memiliki beberapa versi diantaranya:

1. Versi Basic termasuk Harddisk 20 GB Serial ATA 2.5” namun Sony mengumumkan bahwa versi 20 GB dihapus dan digantikan 40 GB. Versi ini tidak menyertakan fitur Backward Compability yang dapat memainkan game–game PS 2 dan PS 1.Selain itu hanya memiliki 2 slot USB, tidak memiliki Multi Memory Card Port dan dukungan SACD.
2. Versi Premium termasuk Hard disk 60 GB Serial ATA 2.5”.
3. Versi Eksklusif terbaru termasuk Hard disk 80 GB Serial ATA 2.5”.

5. PlayStation Vita (PSVita)

PS Vita

Gambar dari ndtv.com

Vita yang merupakan bahasa latin yang berarti hidup, begitulah versi selanjutnya dari PSP. PSVita yang merupakan pengembangan dari PSP ini diperkenalkan pada 6 Juni 2011. PSVita memiliki 2 stik analog, 2 kamera depan dan belakang, 6 axis motion sensor, dan mempunyai layar sentuh jenis OLED (960 X 544 pixel). PSVita diluncurkan dengan versi Wi-Fi dan versi Wi-Fi dan jaringan 3G.

6. PlayStation 4 (PS4)

PlayStation 4

Gambar dari omahberita.com

PlayStation 4 adalah perkembangan terbaru dari PlayStation sebelum–sebelumnya, PlayStation ini memiliki teknologi TouchScreen yang beberapa juga tombolnya, body transparan, OLED screen, serta Processor APU x86-64 AMD. PlayStation 4 pertama kali diluncurkan pada 15 November 2013 dan terjual hingga 53 Juta (Hingga 1 Januari 2017).

Baca juga: 10 Foto Asli Yang Dikira Editan Photoshop

Dengan Hard disk 500GB dan 1 TB PlayStation 4 ini sangatlah keren, PlayStation memiliki fitur–fitur yang sama seperti sebelumnya namun dikembangkan dan ditambahkan.

2 Comments

2 Comments

  1. Saliman

    21 Juni, 2017 at 23:27

    Saya dari dulu ingin sekali membeli PSP dari Sony tapi blum kbeli sampai sekarang. Tapi jujur, membuat sebuah usaha perlu perjalanan panjang seperti Sony ini. Menginspirasi, thanks.

    • TeknologiRAF

      22 Juni, 2017 at 06:34

      Memang produk dari Sony ini sangat digemari oleh semua kalangan.

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top