Serunya Edit Foto di Komputer Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop

Gadget 0

Adobe adalah perusahaan yang memasarkan berbagai macam software editing untuk kebutuhan multimedia. Salah satu produknya yang paling populer adalah seri Adobe Photoshop yang merupakan salah satu aplikasi editing foto nomor 1 di dunia. Berbagai macam jenis foto bisa Anda edit menggunakan aplikasi tersebut, termasuk foto hasil screenshot di komputer. Cara screenshot di PC pun mudah dimana Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menggunakan fitur yang telah disediakan oleh system operasi Windows.

Photoshop sendiri merupakan aplikasi yang menawarkan fitur yang begitu mewah dan juga tidak terhitung banyaknya. Sehingga, Anda bisa menghasilkan sebuah gambar yang sesuai dengan keinginan. Dari seri pertama, kemudian CS hingga yang terbaru yaitu CC, aplikasi ini terus berkembang dan menawarkan tool dan fitur baru pada setiap peluncuran seri teranyarnya. Lalu apa sajakah editing yang bisa dilakukan melalui aplikasi ini? Berikut akan Kami jelaskan beberapa cara melakukan editing dengan menggunakan aplikasi tersebut.

 

  1.       Mencerahkan Foto

Meski sudah menggunakan jenis kamera digital mahal, terkadang sistem pencahayaan yang kurang dapat menghasilkan kualitas foto yang tidak terang. Aplikasi ini bisa mencerahkan hasil foto yang kurang dalam pencahayaan melalui fitur yang disediakannya. Pertama, pilih fitur yang ada di bagian atas kiri, klik image>adjustmen>levels>set ketajaman contras. Pada fitur tersebut nanti Kita dapat menambah nilai ketajaman warna hitam, menambah nilai ketajaman warna putih dan menambahkan ketajaman warna keduanya secara bersamaan.

 

  1.       Merubah Background

Editing yang satu ini banyak sekali dilakukan dan triknya banyak dicari. Sebenarnya, ada dua metode yang bisa digunakan. Untuk warna yang sama atau warna yang bukan dari pemandangan Anda bisa menggunakan tool yang disediakan melalui cara yang mudah. Pilih tool magic wand dan klik pada area warna background, lalu pilih menu edit>fill dan sesuaikan dengan pilihan warna yang ingin Anda ganti.

 

  1.       Cara Editing Manipulasi Foto

Photoshop adalah aplikasi editing foto terbaik yang sangat cocok sekali digunakan untuk melakukan berbagai trik – trik seperti manipulasi foto dengan mudah. Untuk editing ini, diperlukan skill yang tingkat mahir karena tergolong rumit dimana Anda harus mengenal dan bisa menggunakan berbagai jenis tool – tool yang disediakan pada aplikasi tersebut. Untuk belajar, Anda bisa mempelajari dari tahap awal seperti merubah warna background dengan seleksi dan mempelajari trik menggunakan layer di Photoshop.

Itulah beberapa trik – trik editing foto melalui Photoshop yang mudah dipelajari. Aplikasi ini memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi jadi Anda perlu mempelajarinya dari awal karena ada banyak tool dan fitur yang disediakan untuk pengeditan foto tanpa batas dari Adobe. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para profesional yang telah berpengalaman dalam bidang fotografer dan menjadi salah satu aplikasi multimedia yang dipelajari baik di SMK, tempat kursus multimedia maupun di suatu fakultas – fakultas yang mempelajari tentang ilmu multimedia.

Selain foto, Anda pun bisa juga melakukan pengeditan pada gambar mentah hasil dari screenshot di komputer. Cara screenshot di komputer sendiri cukup mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi screenshot atau menggunakan fitur yang disediakan oleh Windows. Screenshot pada komputer sendiri merupakan salah satu cara untuk mendapatkan suatu gambar yang berasal dari sumber yang tidak dapat kita save file. Itulah beberapa kelebihan melakukan editing foto menggunakan aplikasi tersebut. Saat ini tersedia berbagai seri yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan dan tingkat kemahiran.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.