Solusi baterai smartphone cepat habis
Gadget

Baterai Smartphone Anda Cepat Habis? Ini Solusinya!

Solusi baterai smartphone cepat habis – Kita tahu bahwa smartphone itu memiliki kapasitas baterai yang berbeda, tetapi ada satu hal yang membuat kita kesal kepada smartphone kita, yaitu karena baterai smartphone lebih cepat habis dari dugaan. Mengapa hal tersebut terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya? TeknologiRAF akan menjawab semua itu dibawah ini:

1. Kapasitas RAM yang penuh

Tahukah anda, bahwa RAM yang penuh bisa mengakibatkan baterai cepat habis? Karena umur baterai tergantung pada penggunaan RAM. Semakin banyak RAM yang dipakai maka akan semakin cepatlah habis suatu baterai. Penyebabnya itu bisa jadi karena aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan kita atau biasa disebut aplikasi latar belakang. Aplikasi latar belakang sudah kita bahas di post sebelumnya. Cara mengatasinya adalah dengan me-restart smartphone anda atau menghapus aplikasi yang update dengan sendirinya.

2. Baterai yang sudah lama

Baterai yang sudah lama dipakai atau baterai yang sudah berumur tua itu bisa menjadi salah satu penyebabnya, karena baterai yang sudah lama dipakai tidak bisa menyimpan kapasitas listrik lebih banyak. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti baterai yang baru, tetapi jika baterai smartphone anda tidak bisa diganti atau tidak bisa men-support smartphone anda, maka salah satu solusinya adalah dengan mengganti smartphone anda dengan yang lebih baru.

3. Baterai menggembung (membesar seperti balon)

Masalah ini adalah masalah yang sangat berbahaya, karena selain bisa membuat baterai anda cepat habis ini juga bisa menimbulkan baterai dan smartphone anda akan meledak. Penyebabnya adalah karena smartphone sering di charge saat baterai masih mempunyai kapasitas listrik yang lumayan banyak. Solusinya hanya mengganti baterai atau mengganti smartphone anda. Tetapi, ada cara untuk mencegah hal tersebut, yaitu dengan mengecas smartphone anda saat ada peringatan untuk segera di charge, hal tersebut sangatlah penting agar baterai anda tidak menggembung.

4. Wallpaper

Wallpaper juga termasuk sebab dari baterai anda cepat habis. Karena saat anda membuka layar smartphone anda, wallpaper akan dimunculkan dan itu akan berjalan di RAM. Seperti yang tadi dibahas, RAM yang memiliki kapasitas penuh akan membuat baterai smartphone anda akan cepat habis, wallpaper itu akan menempatkan RAM yang cukup banyak, apalagi wallpaper dengan efek animasi. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti wallpaper ke mode default. Mode default sudah di desain agar tidak memakan RAM yang cukup banyak.

5. Sistem penghubung

Sistem penghubung adalah sistem yang menghubungkan smartphone ke perangkat lainnya, seperti wifi, hotspot, bluetooth, dll. Sistem tersebut juga bisa memakan RAM yang cukup banyak, karena jika kita menghubungkan smartphone ke perangkat lain dan akan melakukan transfer data, itu membutuhkan kecepatan stabil agar pengiriman berjalan sesuai keinginan, dan kecepatan itu berasal dari RAM yang dipakai. Meskipun tak digunakan, itu juga bisa membuat baterai habis, karena saat kita menyalakan sistem tersebut, sistem itu memerlukan aplikasi yang berbentuk sistem yang tak terdapat di layar desktop kita dan sistem itu menempati kapasitas RAM, semakin banyak sistem yang menyala, semakin cepatlah baterai habis. Cara mengatasinya adalah dengan mematikan sistem yang tak diperlukan, tetapi jika diperlukan, tetaplah dinyalakan, karena jika tak dinyalakan tidak akan bisa mentransfer datanya.

6. Lockscreen

Lockscreen itu bisa menjadi penyebab baterai cepat habis, karena lockscreen itu awalnya adalah aplikasi, dan seiring lockscreen itu digunakan, maka RAM pun akan terus dipakai. Karena saat kita menggunakan lockscreen, aplikasi yang kita gunakan pun ikut berjalan. Maka, cara mengatasinya adalah dengan menggunakan lockscreen yang sudah disediakan oleh smartphone anda, karena aplikasi lockscreen dari sistem smartphone anda itu sudah berjalan dari awal anda menggunakannya, anda tidak perlu mengaturnya kembali. Tetapi terdapat resiko tersendiri, karena jika smartphone anda tidak terpasang lockscreen yang ketat, maka smartphone anda tidak mendapat perlindungan sempurna dan teman atau bahkan penjahat bisa dengan mudah mengetahui identitasmu.

Mungkin itu saja penyebab dari gadget yang baterainya cepat habis, semoga bermanfaat, salam, dan terima kasih.

Baterai Smartphone Anda Cepat Habis? Ini Solusinya!
1 Comment

1 Comment

  1. Rezky Yayang Yakhamid

    15 Oktober, 2016 at 09:41

    Padahal saya sudah terapkan tips2 diatas yah, kok masih cepet habis sih??

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top