6 Tanda Bahwa Komputer Anda Terkena Virus

Tanda-tanda komputer terkena virus – Pada kesempatan di pagi hari ini, seperti biasa TeknologiRAF akan memberikan informasi-informasi yang pastinya wajib untuk anda ketahui.

Apakah anda mempunyai laptop? Atau anda mempunyai komputer? Jika, ya maka anda sudah tidak asing lagi mendengar kata “VIRUS”. Nah, bayangkan apa jadinya jika komputer atau laptop anda dipenuhi oleh banyak virus, pastinya sangat mengganggu kenyamanan anda kan? Lalu, apa yang akan anda lakukan? Ya, pastinya adalah menghapus virus tersebut.

Baca juga: Perbedaan Software, Driver, dan Firmware

Namun disini saya tidak akan memberikan anda cara menghapus virus di komputer, mengapa? Karena jika kita ingin menghapus suatu virus dari komputer atau laptop maka kita harus mengetahui terlebih dahulu tanda-tandanya. Jangan sampai anda pengguna komputer, pengguna laptop tidak mengetahui tanda komputer terkena virus.

6 Tanda bahwa komputer terkena virus

Yuk langsung saja simak ini dia tanda-tanda bahwa komputer anda terkena virus.

1. Komputer akan berjalan lambat, tidak seperti biasanya

Tanda yang paling pertama muncul jika komputer anda terinfeksi oleh virus adalah kinerja komputer yang menjadi lebih lambat dari biasanya, hal ini karena adanya virus yang bertujuan untuk mengganggu si korban, biasanya virus tersebut ditugaskan untuk menghapus data penting seperti system, dll.

Namun, anda juga harus tahu komputer menjadi lambat bukan saja karena virus, bisa jadi karena sesaknya kapasitas hard disk komputer anda. Untuk itu selalu luangkan sedikit kapasitas hard disk agar kinerja komputer anda normal-normal saja.

2. Banyak program yang corrupt ketika dijalankan

Apakah anda pernah membuka aplikasi di komputer anda namun ternyata corrupt? Pasti pernah dong, walaupun sehari sebelumnya masih lancar ketika digunakan. Virus ini biasanya sengaja digunakan untuk menghapus file penting pada sebuah software, sehingga ketika anda ingin menjalankan software tersebut menjadi corrupt atau missing files.

Walaupun biasanya virus tersebut tidak menghapus data penting pada seluruh software di komputer anda, namun anda pasti tetap jengkel dong dengan virus tersebut?.

3. Muncul berbagai file “ANEH”

Ini juga masuk ke dalam daftar tanda yang paling sering muncul ketika komputer terkena virus, karena hampir semua virus akan membuat atau memindahkan sebuah file aneh pada komputer anda, file aneh yang sering dijumpai adalah file yang berekstensi .DLL dan .CONF.

4. Memori komputer anda menjadi sempit

Sekarang kita masuk ke tanda-tanda komputer terkena virus ke-4, apakah anda pernah mengalami memori komputer anda tiba-tiba penuh? Padahal anda sendiri tahu bahwa memori tersebut tidak pernah ditambahkan file yang berukuran besar, nah ini adalah efek dari virus yang berada pada memori komputer anda.

Entah bagaimana cara virus tersebut melakukannya, namun anda harus paham bahwa komputer anda telah terinfeksi oleh virus. Hal yang harus anda lakukan adalah scan seluruh memori dari komputer anda, agar virus tersebut terbuang habis.

5. Aplikasi antivirus menjadi off

Nah, tanda yang ke-5 ini bisa di katakan cukup aneh maupun cukup hebat, mengapa? Karena efek dari virus ini secara otomatis dapat menonaktifkan antivirus yang anda pasang pada komputer atau laptop anda, biasanya virus ini dapat menonaktifkan beberapa antivirus saja, namun yang paling diincar oleh sang pembuat virus adalah antivirus yang sering dipakai atau paling banyak di pasang pada komputer atau laptop di seluruh dunia.

6. Komputer mati secara tiba-tiba tanpa anda suruh

Tanda yang terakhir ini juga hampir sama kehebatannya dengan tanda komputer terkena virus yang ke-5. Entah apa yang sedang dipikirkan oleh sang pembuat virus, dan entah apa ilmu yang dia pakai untuk membuat virus yang dapat mematikan komputer korban secara tiba-tiba.

Namun jika anda pernah mengalami kejadian ini, jangan panik, jangan langsung menduga jika komputer anda rusak, dan jangan juga langsung pergi ke tempat servis komputer, karena anda bisa jadi di kerjai oleh tukang servis komputer.

Baca juga: Macam–macam Sistem Operasi Komputer

Nah, ketahui lah ke-enam tanda komputer terkena virus diatas, agar anda tahu kenapa komputer anda menjadi error, sehingga anda dapat membetulkannya sendiri, tidak menyuruh tukang servis komputer sehingga anda dapat lebih menghemat keuangan anda.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.