Teknik SEO Yang Powerfull Di Tahun 2018 | TeknologiRAF

Blogging 0

Halo semua pengunjung setia TeknologiRAF, sudah lama saya tidak membuat artikel seputar blogging lagi. Pada hari ini saya akan sharing sedikit seputar teknik SEO 2018 yang saya lakukan. Banyak yang bertanya kepada saya mengenai teknik SEO yang saya lakukan, baik di facebook, maupun grup Whatsapp saya.

Banyak juga yang bertanya, apakah saya menggunakan Blogspot atau WordPress? Saya memiliki banyak blog, yang menggunaakn kedua platform tersebut, ada yang Blogspot maupun WordPress, walaupun saya lebih menyukai WordPress.

Saya biasanya menganalisa terlebih dahulu halaman 1 Google yang ingin saya hajar, apakah dapat dikuasai menggunakan Blogspot atau harus menggunakan WordPress.

Misalkan di halaman 1 pada keyword tersebut banyak dikuasai oleh pemain besar atau perusahaan, maka saya mau tidak mau mengalah, tapi kalau hanya blog biasa maka akan tetap saya hajar. Apalagi jika banyak blog dengan platform Blogspot yang menguasai halaman 1, pastinya saya hanya akan membuat blog platform Blogspot, karena saingannya cukup mudah.

Namun jika sudah banyak blog dengan platform lain maka saya pasti menggunakan WordPress. Mengapa? Karena WordPress dapat dibantu dengan menggunakan plugin-plugin yang sangat membantu dan sangat mudah untuk digunakan. Jika Anda ingin mengetahui cara membuat blog di WordPress, bisa mengunjungi hostinger.co.id.

Nah, apa saja teknik SEO yang saya lakukan di tahun 2018 ini? Berikut akan saya sharing sedikit.

Teknik SEO 2018 Yang Saya Lakukan

1. Riset Keyword

Riset keyword ini yang menurut saya paling penting, mengapa? Karena jika kita memilih keyword yang tepat, seperti saingan yang cukup mudah, dan memiliki volume pencarian yang cukup tinggi.

Namun saya tidak pernah memikirkan CPC keyword untuk blog bahasa Indonesia, tetapi jika saya ingin membangun blog bahasa Inggris, pastinya saya akan memilih keyword dengan CPC yang cukup tinggi.

Untuk tools yang saya gunakan adalah Keyword Revealer untuk menganalisa saingan, Ubersuggest, dan dengan bantuan Google Suggest untuk mencari long tail keyword.

2. Mencari domain yang tepat

Domain yang saya sarankan adalah domain fresh. Boleh jika menggunakan aged domain, namun jangan menggunakan drop domain, karena aged domain masih mudah untuk kita analisa apakah domain tersebut merupakan domain yang berkualitas atau domain spam?

Tapi jika Anda belum paham cara menganalisanya, Anda harus mencari domain fresh. Untuk mengeceknya silahkan kunjungi whois.domaintools.com, masukkan domain yang di inginkan, pilih domain jika disana tertulis never regist.

3. Membuat artikel SEO

Untuk poin teknik SEO 2018 yang ketiga ini sudah pernah saya bahas di artikel cara membuat artikel berkualitas dan SEO. Disana saya sudah mengulasnya cukup lengkap. Kita juga harus menggunakan gambar yang bebas dari copyright, biasanya saya mencari gambar di Pixabay dan Flickr yang non copyright.

4. Membangun backlink

Saya biasanya fokus memberikan artikel artikel berkualitas di bulan pertama ketika blog saya bangun, karena jika langsung ditanami backlink, maka Google akan mendeteksi bahwa backlink tersebut tidak natural atau spam. Sehingga bukannya peringkat yang melonjak, malah menurun drastis.

Saya mulai membangun backlink pada bulan kedua, saya memulainya dengan membuat foundational backlink, seperti dari social media dan profile web dengan authority besar. Nah, di bulan ketiga saya mulai menanam backlink berkualitas dari web pribadi saya, seperti web 2.0 maupun PBN, saya selalu menghindari web spam pada tier pertama.

Web spam biasanya saya taruh pada tier terakhir.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya share mengenai teknik SEO 2018, nanti kedepannya saya akan membangun blog pribadi yang membahas seputar dunia blogging dengan artikel yang sudah saya coba terlebih dahulu.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.