9 Tempat Wisata Di Jogja Yang Paling Seru Untuk Dikunjungi

Wisata 0

9 Tempat Wisata di Jogja – Pada artikel kali ini TeknologiRAF akan memberikan informasi ke kamu tentang tempat wisata di Jogja. Mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata kuliner, hingga tempat-tempat nongkrong paling asyik di Jogjakarta.

Sudah menjadi rahasia umum kalau Jogja merupakan tempat liburan terbaik di Indonesia, setelah Bali dan juga Bandung. Kota Gudeg ini tidak pernah sepi dari para traveler terutama saat hari libur dan akhir pekan. Terutama di pusat kotanya, selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Alasan mengapa Jogja menjadi destinasi menarik sangatlah simpel. Jogja merupakan kota yang nyaman karena mayoritas penduduknya sangat ramah sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat liburan. Selain itu, sudah menjadi fakta unik memang kalau Jogja merupakan kota yang murah. Untuk bisa menyewa hotel dan membeli makanan di Jogja, kamu tidak harus membawa uang sebanyak seperti halnya saat kamu liburan ke Bali.

Selain itu, Kota yang dipimpin oleh seorang Sri Sultan ini juga memiliki daya tarik lain lho. Yap, apalagi kalau bukan tempat wisatanya. Ada banyak sekali tempat wisata yang seru untuk dikunjungi saat kamu ke Jogja. Nah, berikut ini adalah tempat wisata di Jogja yang harus dikunjungi.

9 Tempat Wisata Di Jogja Yang Paling Seru untuk Dikunjungi

1. Wisata Kalibiru

Tempat Wisata Kalibiru

Tempat Wisata Kalibiru

Untuk kamu yang suka dengan wisata alam berupa pemandangan alam, maka sepertinya kamu wajib mengunjungi desa wisata Kalibiru. Di desa yang terletak di Menoreh, Kulonprogo, Barat Yogyakarya ini, kamu bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari atas ketinggian ataupun bermain flying fox dari atas bukti.

Satu hal yang wajib dilakukan oleh pengunjung ialah berfoto di sebuah pohon tempat melakukan flying fox. Pemandangan yang indah dari atas ketinggian juga membuat banyak fotografer berbondong-bondong untuk menyambangi Kalibiru. Akan sangat seru jika kamu datang ke Kalibiru bersama teman, sahabat, pacar, ataupun keluarga.

2. Puncak Kosakora

Tempat Wisata Puncak Kosakora

Tempat Wisata Puncak Kosakora

Buat kamu yang suka selfie, bisa mengunjugi tempat wisata di Jogja yang sedang naik daun ini. Kosakora merupakan puncak bukit yang memberikan keindahan yang begitu menawan. Dari atas sini, kamu bisa melihat pemandangan perbukitan, pantai, ataupun menyaksikan secara langsung saat sang surya muncul dan tenggelam.

Untuk bisa masuk ke sini, kamu hanya perlu membayar Rp200,- per orang. Bagi kamu yang tertarik datang ke sini, sebaiknya datang di saat pagi atau sore hari ketika sinar matahari tidak terlalu menyengat kulit. Sedangkan jika kamu ingin melihat sunrise, bisa camping di Puncak Kosakora. Untuk kamu yang tidak mau repot membawa tenda rumah, di sini tersedia penyewaan tenda dome untuk menginap dengan harga Rp60.000 untuk tenda kecil dan Rp. 100.000 untuk tenda besar.

3.Jalan Malioboro

Tempat Wisata Jalan Malioboro

Tempat Wisata Jalan Malioboro

Malioboro merupakan nama sebuah jalan di Kota Yogyakarta. Jalan ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Belum lengkap rasanya apabila datang ke Jogja namun belum datang ke Maliboro. Yap, Maliboro sudah menjadi identitas tersendiri bagi Yogyakarta. Di siang hari, kamu bisa melihat banyak pedagang yang menjajakan pakaian dan oleh-oleh khas Jogja, seperti batik, blankon, dan kain lurik.

Sedangkan pada malam hari, kamu bisa menikmati wisata kuliner sembari ditemani musik angklung dari pengamen yang biasa menunjukan aksinya di jalan Malioboro. Meskipun malam, suasana di jalan ini tetap ramai dan seru. Banyak sekali wisatawan yang ingin kembali ke Jogja karena kangen dengan suasana di Malioboro.

4. Pantai Parangtritis

Tempat Wisata Pantai Parangtritis

Tempat Wisata Pantai Parangtritis

Berada sekitar 25 KM dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis menjadi spot wisata pantai yang cukup iconic dengan kota Jogja. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga memiliki karakterisitrik berupa ombak dan arus yang cukup besar.

Di sini kamu bisa menimkati deburan ombak di pinggir pantai sembari mengabadikannya melalui jepretan kamera. Keunikan lain dari Pantai Parangtritis yaitu adanya bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai. Atau jika kamu ingin merasakan pengalaman yang berbeda, kamu bisa mencoba bermain paralayang di Bukti Parangndog, Pantai Parangtritis.

5.Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Keraton Yogyakarta

Tempat lain yang ramai dikunjungi oleh para traveler ialah Keraton Yogyakarta. Tempat ini merupakan sebuah bangunan dengan sejarah panjang dan saat ini digunakan sebagai tempat tinggal oleh Sultan dan keluarganya. Di sini kamu bisa berfoto dengan bangunan bernilai arsitektur kuno.

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke museum yang mengoleksi berbagai barang kesultanan Yogyakarta yang merupakan hadiah dari raja-raja Eropa di zaman dulu. Apabila kamu tertarik datang kemari, berangkatlah pagi-pagi, karena Keraton hanya buka dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang.

6. Gunung Merapi

Tempat Wisata Gunung Merapi

Tempat Wisata Gunung Merapi

Bagi kamu yang mengaku pendaki sejati, cobalah untuk menaklukan salah satu gunung yang paling legendaris di Indonesia ini. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api aktif yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Terdapat kawasan wisata Gunung Merapi, dan apabila ingin masuk kamu akan dikenakan tarif Rp 3.000 per orang. Di sini kamu bisa menyaksikan secara langsung saat mentari terbit dari puncak gunung merapi.

7. Istana Air Taman Sari

Tempat Wisata Istana Air Taman Sari

Tempat Wisata Istana Air Taman Sari

Pada zaman dulu, Istana Taman Sari merupakan tempat rekreasi sekaligus meditasi oleh keluarga kerajaan Yogyakarta. Tidak hanya itu, istana ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh. Namun saat ini, Istana Taman Sari telah beralih fungsi sebagai tempat wisata di Jogja yang hits di kalangan para remaja.

Udara di sekitarnya cukup sejuk karena terdapat banyak kolam serta kebun bunga yang menimbulkan bau harum. Tentunya akan sangat romantis jika kamu mengajak kekasihmu datang kemari. Untuk masuk ke kawasan Istana Air Taman Sari, kamu akan dikenakan tarif Rp 5.000 per orang.

8. Bukit Punthuk Setumbu

Tempat Wisata Punthuk Setumbu

Tempat Wisata Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan salah tempat terbaik di Jogja untuk menyaksikan matahari terbit dengan background berupa Gunung Merapi Merbabu. Tempat ini pun semakin naik daun ketika menjadi salah satu setting dari film ‘Ada Apa dengan Cinta 2’.

Pemandangan yang memukau berupa sunrise di bukit ini sangatlah luar biasa dan menjadi magnet tersendiri untuk para traveler. Di atas sini kamu juga bisa melihat langsung kemegahan dari Candi Borobudur dari atas ketinggian.

9. Alun-Alun Kidul

Tempat Wisata Alun-Alun Kidul

Tempat Wisata Alun-Alun Kidul

Salah satu tempat yang paling ramai di Jogja saat malam hari adalah Alun-Alun Kidul. Di sini terdapat tradisi Masangin yang menjadi salah satu magnet para wisatawan untuk datang dan mencobanya secara langsung Yaitu tradisi berjalan lurus melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup. Kamu juga bisa menghabiskan malam di sini dengan menikmati jagung bakar dan wedang ronde, ditemani dengan nyanyian merdu dari para pengamen setempat.

Nah, itulah 9 tempat wisata di Jogja yang paling seru untuk dikunjungi, silahkan jika ingin mengunjungi tempat tempat wisata Jogja diatas, semoga informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat untuk kamu.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.