Tips Dalam Membeli VGA Card atau Onboard

Tips dan Trik 0

Tips membeli VGA – Seiring perkembangan zaman dan teknologi kualitas, detail, dan resolusi pun naik agar memuaskan para pengguna komputer khususnya dalam desain maupun bermain game, sehingga software dan game keluaran tahun–tahun terbaru ini merekomendasikan agar memiliki VGA card yang bagus agar kualitas gambarnya dapat memuaskan.

Namun dengan kemajuan teknologi ini menuntut untuk membeli VGA card karena software dan game yang dikeluarkan memiliki resolusi dan kualitas gambar yang tinggi, sehingga fungsi VGA card yang kurang penting ini patut untuk dipertanyakan. Dibawah ini adalah tips dalam membeli VGA card:

Baca juga: Cara Mengganti Alamat IP Dengan Hotspot Shield

1. Mengetahui spek di dalam VGA Card itu sendiri

Anda ingin membeli VGA card tidaklah mudah karena anda harus mengetahui apakah spek di dalam VGA card dan apa fungsinya, tanyakanlah terlebih dahulu kepada teknisi komputer atau kepada orang yang mengerti betul tentang VGA card.

2. Memilih untuk membeli VGA OnBoard atau VGA Card

Jika anda ingin membeli VGA anda harus mengetahui untuk langsung membeli onboard yaitu sekaligus dengan motherboard dan cpu atau ingin membeli video cardnya saja, tentu saja ini patut dipertimbangkan karena dalam segi harga dan kualitas tentulah berbeda. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dalam memilih VGA onboard atau card:

1. VGA onboard lebih murah dibandingkan VGA card karena VGA onboard membeli VGA sekaligus dengan pc-nya,
2. VGA onboard di desain pas dan cocok untuk motherboard,
3. VGA card dapat mengganti VGA dengan merk yang bebas dan mengikuti perkembangan zaman, namun VGA onboard tidak dapat diganti,
4. VGA card memiliki kualitas beragam dan lebih bagus.

3. Tentukan tujuan dalam membeli VGA

Pertimbangkan tujuan anda dalam membeli VGA card karena harganya yang bisa dibilang mahal, oleh karena itu belilah VGA card sesuai dengan kebutuhan apakah untuk gaming atau desain. VGA card untuk desain lebih murah karena bisa membutuhkan VGA card yang kualitasnya standard, sedangkan untuk gaming biasanya lebih mahal karena membutuhkan kualitas yang tinggi agar resolusi dan kualitas gambarnya terlihat layaknya asli dan lebih detail.

Baca juga: Tips Menghemat Penggunaan RAM Komputer

4. Cara pembelian yang benar

Disaat ingin membeli VGA card ada baiknya anda mengetest di tempat pembelian agar mengetahui kualitas dan kondisi barangnya, dengan cara ini anda akan tidak merasa menyesal atau ditipu karena telah mencobanya dan melihat kualitas VGA card yang anda beli. Jika anda membeli VGA card jangan lupa untuk meminta drivernya karena apabila anda membeli VGA card namun belum memasangnya jangan harap VGA itu dapat dipakai karena fungsi driver adalah menjalankan atau mengendalikan perangkat keras yang ada pada komputer sehingga dapat berjalan.

5. Sudah dibeli namun belum tahu cara memasang?

Anda sudah membelinya namun belum tahu cara memasangnya? Dan takut rusak dan kenapa-kenapa? Jika anda ingin memasang tanyakanlah kepada penjual atau kepada teknisi komputer, namun anda dapat memasangnya sendiri. Berikut ini adalah cara memasang VGA card kedalam komputer:

Baca juga: Tips Untuk Mengganti RAM Dengan Benar

1. Bukalah casing atau penutup luar motherboard,
2. Carilah slot VGA card,
3. Colokkan kabel VGA monitor kedalam VGA card,
4. Setelah komputer dihidupkan install VGA card driver agar dapat digunakan.

Nah, itu dia tadi 5 tips dalam membeli VGA Card atau Onboard.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.