Tips Memilih Smartphone Dengan Spesifikasi dan Kualitas Terbaik

Tips memilih smartphone terbaik – Ingin membeli sebuah smartphone baru? Jangan sembarangan, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sebuah smartphone. Perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak vendor smartphone selalu merilis berbagai jenis smartphone dengan keunggulannya masing-masing.

Semakin hari, teknologi pada smartphone juga semakin canggih dan meningkat. Sehingga sebagai konsumen, kita harus cerdas dalam memilih dan membeli smartphone agar mendapatkan kualitas yang terbaik. Untuk itu, kami telah menyediakan tips membeli dan cara memilih smartphone dengan kualitas terbaik agar tidak menyesal nantinya.

 

Tips Memilih Smartphone Dengan Spesifikasi Terbaik

 

Prosesor Dengan Kecepatan Terbaik

 

Tips Memilih Smartphone Dengan Kualitas Terbaik

Prosesor Dengan Kecepatan Terbaik

Tips memilih smartphone yang pertama adalah dengan memperhatikan prosesor yang digunakan. Prosesor adalah hal pertama yang harus kalian perhatikan, ini adalah komponen dimana semua proses kinerja pada smartphone terjadi. Prosesor bukan hanya soal core dan clock speed, komponen ini juga akan menentukan performa dari komponen yang lainnya. Misal saja kecepatan jaringan, pita frekuensi dan juga kinerja berbagai hardware lain seperti kamera dan RAM.

Baca juga : 10 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal WiFi Yang Harus Kamu Ketahui

Mungkin ada dari kalian yang sulit mengenali prosesor karena kadang namanya saja sulit untuk diingat. Namun ada trik tertentu untuk mengenali suatu jenis prosesor. Setiap prosesor dasarnya memiliki tiga digit nama, pertama adalah seri, kedua adalah generasi (angka lebih tinggi berarti lebih baru). Dan yang ketiga adalah pengembangan dari generasi tersebut (misal 836 merupakan tweak dari generasi 835).

Secara awam kalian pasti mengenal prosesor Snapdragon, ini adalah jenis prosesor yang cukup banyak digunakan oleh berbagai merek smartphone. Untuk memberikan sedikit gambaran tentang kualitasnya, kami akan berikan penjelasan tentang 4 generasi prosesor Snapdragon :

  • 200 : Ini merupakan seri paling rendah dan murah dari keempat generasi prosesor Snapdragon. Untuk kinerjanya juga berada di tingkat paling rendah daripada generasi lainnya.
  • 400 : Prosesor selanjutnya sering digunakan untuk smartphone kelas menengah. Seri ini sudah mendukung fitur Quick Charge dan bisa merekam video hingga 1080p.
  • 600 : Banyak terdapat pada smartphone kelas mid hingga high, sudah mendukung display resolusi 2K dan video 4K.
  • 800 : merupakan seri paling berkualitas dan ditujukan untuk smartphone kelas high-end. Memiliki kinerja yang sangat cepat dan cocok untuk bermain game HD atau memutar video berframe rate tinggi.

 

Setidaknya Memiliki RAM Sebesar 4GB

 

Tips Memilih Smartphone Dengan Kualitas Terbaik

Memiliki RAM Sebesar 4GB

Setiap smartphone pada dasarnya memiliki kapasitas RAM yang bervariasi, hal ini yang harus kalian perhatikan saat memilih smartphone untuk dibeli. Umumnya di generasi sekarang, smartphone akan mempunyai kapasitas RAM mulai dari 2GB sampai 8GB. Namun untuk standartnya, lebih baik kita memilih smartphone dengan kapasitas RAM minimal 4GB. Hal ini agar smartphone tersebut dapat memiliki kinerja yang maksimal dalam multitasking dan tidak sering mengalami lag.

 

Kapasitas Penyimpanan Minimal 32GB

 

Tips Memilih Smartphone Dengan Kualitas Terbaik

Kapasitas Penyimpanan Minimal 32GB

Storage merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah smartphone. Jika kapasitas penyimpanan yang dimiliki hanya sedikit, maka kita tidak bisa menyimpan banyak data didalamnya. Selain itu, storage yang gampang

Baca juga : 8 Hal Yang Harus Kalian Lakukan Setelah Membeli Laptop Baru

penuh juga akan mempengaruhi kinerja smartphone. Walaupun kita bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan micro SD, alangkah baiknya jika smartphone juga memiliki internal storage paling tidak 32GB. Hal ini agar kita tidak kesulitan menginstall berbagai aplikasi, apalagi APK zaman sekarang memiliki ukuran yang besar.

 

Kapasitas dan Daya Tahan Baterai yang Bagus

 

Tips Memilih Smartphone Dengan Kualitas Terbaik

Kapasitas dan Daya Tahan Baterai yang Bagus

Tidak bisa dipungkiri, smartphone zaman sekarang memiliki konsumsi daya yang sangat besar sehingga baterainya lebih cepat habis. Oleh karena itu kita harus cermat memilih smartphone dengan kualitas serta kapasitas baterai yang bagus. Sebagai contoh, Lenovo P2 konon menawarkan baterai dengan kapasitas 5100Mah yang katanya bisa bertahan 3 hari dalam sekali pengisian. Selain kapasitas baterai, penggunaan serta kinerja smartphone juga mempengaruhi seberapa banyak daya yang akan dikonsumsi. Untuk standartnya, kalian bisa memilih baterai dengan kapasitas minimal sebesar 3300 mAh.

 

Kamera Berkualitas Untuk Fotografi dan Selfie

 

Tips Memilih Smartphone Dengan Kualitas Terbaik

Kamera Berkualitas Untuk Fotografi dan Selfie

Selfie nampaknya sudah menjadi budaya bagi generasi modern ini, oleh karena itu kalian harus memperhatikan kualitas kamera yang bagus saat memilih smartphone. Sekarang hampir semua jenis smartphone dilengkapi dengan dual kamera. Kamera belakang untuk fotografi dan kamera depan biasanya untuk mengambil selfie. Saya sarankan paling tidak ambil smartphone dengan kamera 8MP keatas agar foto yang dihasilkan berkualitas bagus.

 

Dukungan Jaringan dan Konektivitas yang Baik

 

Tips Memilih Smartphone Dengan Kualitas Terbaik

Dukungan Jaringan dan Konektivitas yang Baik

Sekarang ini, sebuah smartphone tanpa koneksi internet memang nampak seperti benda mati. Oleh karena itu, pilihlah smartphone dengan dukungan jaringan dan konektivitas yang baik. Paling tidak smartphone tersebut harus sudah support HSPA dan lebih baik jika sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Itulah beberapa tips memilih smartphone yang ingin kamu beli. Cermati dan berhati-hatilah dalam memilih agar mendapatkan kinerja yang maksimal dan tidak menyesal nantinya. Jika ada yang mempunyai pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.

Tags:
author

Author: 

Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

Related Posts

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.