Tips dan Trik

Tips Untuk Mengganti RAM Dengan Benar

Tips Untuk Mengganti RAM Dengan Benar

Tips menganti RAM – Disaat komputer berjalan dengan lambat atau kekurangan memory untuk bermain game dan mendesign mengganti atau mengupgrade RAM adalah pilihan yang tepat namun perlu diketahui tips untuk menggantikan RAM karena tidak mudah lho, pemasangan yang salah dapat mengakibatkan hal yang fatal dan hanya mengeluarkan uang dengan percuma. Berikut ini adalah tips yang sangat berguna bagi anda dalam mengganti RAM.

1. Ketahui jenis socket RAM yang anda pakai

Dalam mengganti RAM itu tidak sembarang membeli namun anda perlu memperhatikan jenis RAM yang dipakai di komputer atau laptop anda, apakah itu SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau DDR4?.

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Sering Mengalami Force Close

Banyak jenisnya bukan? Bila anda memilih RAM yang salah maka RAM tersebut tidak bisa dipakai karena slot, pin, dan ukuran yang berbeda. Apabila komputer anda menggunakan RAM dengan jenis DDR2 maka hanya bisa membeli RAM dengan jenis DDR2 juga, cara mudah untuk mengetahui RAM anda adalah dengan membuka motherboard anda atau menggunakan software GPU–Z dan CPU–Z. Kedua software tersebut sangatlah berguna karena bisa membaca isi dari motherboard kita tanpa dibuka dengan memberikan informasi yang tepat dan akurat sehingga anda tidak salah memilih dalam membeli RAM, kedua software tersebut dapat di download dengan gratis.

2. Memilih untuk membeli RAM bekas atau baru

Pemilihan RAM dalam membeli yang baru atau yang bekas sangatlah penting, jika anda memiliki banyak uang belilah RAM yang baru dan bergaransi, karena kerusakan dalam pengiriman atau hal-hal yang tidak ingin terjadi bisa saja terjadi karena RAM adalah perangkat hardware yang sensitive, tipis dan mudah patah. Namun jika anda memiliki uang yang tidak banyak atau ingin mengirit apa salahnya membeli RAM yang bekas? Pilihlah RAM yang sesuai dan jangan lupa untuk mengecek kondisi apakah masih bagus atau tidak, COD atau melakukan pertemuan dengan penjual adalah cara yang baik untuk memastikan kondisi barang tersebut.

Baca juga: Cara Memperbesar Kapasitas RAM di HP Android

3. Cek RAM yang dibeli terlebih dahulu dengan teliti

Apabila jenis dan harga sudah cocok lihat dulu spesifikasi RAM yang ingin anda beli, didalam RAM tertera tulisan contoh : S*msung made in Taiwan 512 MB PC2 4200U berarti dapat dibaca RAM tersebut bermerk S*msung, dibuat di Taiwan, 512 MB kapasitas memory RAM, PC2 atau DDR2 jenis RAM, memory kecepatan 4200. Cek juga apakah Processor menerima RAM dengan kecepatan 4200 atau tidak, apabila Processor hanya bisa menerima kecepatan 5300 maka komputer anda akan ngelagg karena tidak sesuai dengan RAM yang ingin dibeli. Jika anda menginginkan untuk membeli 2 RAM belilah RAM dengan merk yang sama karena akan mempengaruhi kualitas dan performa RAM.

4. Semua cocok? Tinggal dipasang dengan benar

Baca juga: Tips Menjaga Flashdrive Agar Tidak Mudah Rusak

Disaat anda membeli jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu apakah RAM anda baik–baik saja saat dinyalakan dan digunakan, jangan sampai ngelag bahkan ngehang karena salah memilih RAM. Ngelag dan ngehang adalah kendala disaat membeli RAM karena kerusakan RAM tersebut atau ketidak cocokan RAM yang anda beli dan tanyakan kepada teknisi komputer untuk menanyakannya lebih detail agar kerusakan dapat diketahui. Apabila anda memilih dan memasang dengan tepat cara diatas akan berhasil karena membutuhkan ketelitian dalam memilihnya. Selamat mencoba.

Click to comment

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top