Tips dan Trik

Tips Menjaga Flashdrive Agar Tidak Mudah Rusak

Tips Menjaga Flashdrive Agar Tidak Mudah Rusak

Tips menjaga flashdrive – Dari pada membeli harddisk yang lebih mahal harganya dan bingung dalam pemasangannya pastilah anda akan membeli flashdrive. Setelah kita membeli flashdrive tentulah kita akan menyimpannya dengan awet dan tidak mudah rusak, lalu bagaimanakah cara merawatnya dengan baik? Berikut ini adalah tips–tips cara menjaga flashdrive agar tidak mudah rusak:

1. Hati–hati dalam mencolokkannya

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Kotoran dan Baret Pada Layar Smartphone

Disaat kita terburu–buru dalam memindahkan file, lalu memasukkan flashdrive ke socket usb dapat merusak permukaan depan flashdrive, meskipun terlihat sepele namun kita masih saja sering melakukannya. Anda juga harus mengetahui flashdrive anda menggunakan bahan yang tidak menghantarkan listrik karena beberapa flashdrive yang berbahan logam seperti SanDisk Cruzer Force yang palsu, karena bila flashdrive tersebut asli kita tidak akan tersetrum dengan logamnya.

Flashdrive SanDisk

2. Jangan sembarangan memasukkan flashdrive ke komputer lain

Karena mendownload atau memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain seperti ke warnet misalnya sangatlah beresiko, mengapa seperti itu? Karena disaat kita memasukkan flashdrive ke komputer lain dapat menyebarkan virus ke komputer kita. Lalu bagaimanakah cara kerjanya? Mudah sekali, disaat kita memasukkan flashdrive tersebut dan komputer yang sedang dijalankan terdapat virus berbahaya lalu virus itu dengan mudah memasukkan dan menyebarkan ke flashdrive tanpa kita sadari. Apabila flashdrive kita terinfeksi virus maka data-data anda dapat disembunyikan, dihilangkan atau bahkan merusak flashdrive kita dan virus didalam flashdrive tersebut menyebar.

3. Simpan ditempat kering

Flashdrive itu kecil dan mudah dibawa kemana–mana, jangan sampai flashdrive kita rusak karena hal kecil seperti menyimpannya ditempat lembab. Tempat yang lembab dapat mengkaratkan besi yang dimasukkan ke komputer (USB Konektor), jika besi tersebut berkarat, otomatis disaat kita mencolokkannya ke komputer karat itu akan menyebar.

Baca juga: Tips Agar Gems Box CoC Cepat Muncul

4. Scan antivirus secara berkala

Flashdrive adalah hardware yang rentan terkena virus karena flashdrive sering dicolokkan ke komputer lain yang beresiko untuk terinveksi virus. Oleh karena itu rutin lah untuk scan flashdrive dengan antivirus anda, cara ini terbilang ampuh untuk menjaga flashdrive anda bertahan lama.

5. Jangan sampai terjatuh

Bentuknya yang kecil sering kali kita tak sengaja menjatuhkannya, ketika flashdrive tersebut terjatuh bagian komponen dalam flashdrive yang berukurannya sangat kecil dapat patah bahkan bisa sampai hancur. Faktor ini banyak terjadi dalam hal kerusakan flashdrive, cara mencegahnya usahakan anda jangan terlalu memegang dengan kurang erat flashdrive dan lebih baik disimpan didalam saku atau tas.

Baca juga: Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi

Tips diatas adalah bagaimana cara agar flashdrive tetap awet dan tidak mudah rusak, namun perlu di ingatkan bahwa flashdrive dapat rusak karena faktor usia yang terlalu lama sehingga kinerja flashdrive menjadi lama yang sama seperti cd atau dvd yang semakin sering dipakai semakin tergores dan rusak.

2 Comments

2 Comments

  1. Hory Radiansyah

    1 Januari, 2017 at 10:50

    terimakasih gan tips2 nya , bermanfaat sekali

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top