Tips Merekam Video Menggunakan Smartphone
Tips dan Trik

Berikut 6 Tips Merekam Video Menggunakan Smartphone

Tips merekam video menggunakan smartphone – Bagi anda yang sangat suka dengan kegiatan membuat video pasti akan menggunakan kamera yang berkualitas tinggi agar kualitas video tersebut menjadi lebih bagus, namun bagaimana bagi para pengguna smartphone yang ingin membuat video dengan kualitas yang bagus dan terlihat profesional? Di artikel kali ini saya akan membahas tips untuk merekam video dengan mengunakan smartphone.

Seiring perkembangan teknologi khususnya di Indonesia, pasti sudah banyak beberapa merk smartphone terkenal yang mengusung spesifikasi yang cocok untuk membuat video bahkan bisa menggantikan kamera.

Wahhh sekali bukan?

Namun, walaupun anda sudah menggunakan smartphone yang mengusung spesifikasi yang bagus untuk membuat video, apakah hasilnya akan terlihat lebih profesional? Atau biasa saja? Atau mungkin menjadi video anda lebih buruk dibanding hasil video dengan smartphone lainnya? Sudah seharusnya anda mengikuti 6 Tips berikut agar kualitas video akan terlihat bagus dan profesional.

Tips merekam video menggunakan smartphone

1. Perhatikan kamera smartphone yang anda gunakan

Sudah pasti dalam membuat video menggunakan smartphone akan mengandalkan kamera smartphone tersebut, karena kamera pada smartphone anda akan sangat amat berpengaruh terhadap hasil dari video yang anda buat. Hal yang harus anda lakukan adalah mengoptimasi atau memperpadukan hardware dan software pada smartphone tersebut, anda juga jangan hanya mengandalkan sensor kamera saja, karena banyak faktor yang penting juga agar video anda terlihat bagus.

Jika anda sudah serius ingin membuat video namun menggunakan smartphone secara profesional maka anda harus membeli smartphone yang menggunakan kamera high-end.

2. Gunakanlah alat bantu seperti Monopod dan Tripod

Nah, jika anda sudah menentukan mana kamera smartphone yang cocok untuk anda gunakan membuat video, maka anda harus menggunakan alat bantu, banyak alat bantu yang bisa mendukung kita dalam membuat video seperti tripod, monopod, dll.

Alat bantu seperti tripod dan monopod ini akan membantu anda jika ingin membuat vlog, menjadikan video menjadi fokus, atau agar kamera tersebut tidak goyang atau agar stabil.

3. Kurangi atau hindari penggunaan fitur zoom

Sudah kita ketahui bersama kalau fitur zoom itu dapa dengan mudah digunakan untuk mengambil objek gambar yang jauh, memang fitur zoom ini sangat membantu bagi para pengguna-nya. Namun ada juga kekurangannya seperti kualitas gambar pasti berkurang, itu yang menjadikan saya merekomendasikan anda tidak menggunakan fitur zoom.

Jika objeknya itu jauh, maka anda dekatkan saja secara manual, agar kualitas gambar di video tetap terlihat mantap ketika dipandang.

Baca juga: 5 Tips Membeli Smartphone Secara Online

4. Anda harus memastikan cahaya yang didapat

Tips merekam video menggunakan smartphone keempat adalah dimana anda harus memastikan cahaya, cahaya yang cukup, tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan.

Jika cahaya yang kita dapat terlalu terang maka kualitas video juga akan buruk, sama seperti mendapat cahaya gelap maka kualitas video akan buruk juga. Maka dari itu anda sendiri yang harus menentukan apakah cahya di ruangan syuting anda cukup atau lebih atau kurang, pastikan cukup.

5. Pergerakkan smartphone jangan terlalu cepat

Anda harus fokus dalam gerakan tertentu agar kualitas video anda tetap baik. Usahakan pergerakkan smartphone tidak terlalu cepat, pelan-pelan saja, jika terlalu cepat maka video yang anda hasilkan akan terlihat menjadi blur.

6. Gunakan juga beberapa aksesoris tambahan

Tips yang terakhir ini bisa anda terapkan bisa juga tidak, namun alangkah baiknya anda menerapkannya, karena sangat mendongkrak kualitas video yang anda hasilkan. Banyak aksesoris tambahan seperti microfon, lensa, senter, lampu LED, dll.

Jika anda sudah menerapkan 6 tips merekam menggunakan smartphone tadi maka kemungkinan besar kualitas video yang anda hasilkan menjadi sangat baik daripada video sebelumnya.

Berikut 6 Tips Merekam Video Menggunakan Smartphone
8 Comments

8 Comments

  1. Nina Maulida

    28 September, 2016 at 18:35

    Terima kasih yaa min, klo udh punya smartphone yg skill videonya tinggi perlu beli apalagi?

    • Rafi Abrar

      30 September, 2016 at 12:46

      Sama-sama mbak Nina, mungkin anda perlu alat bantu seperti tongsis, tripod, dll.

  2. Zainun Muzahidin II

    24 Desember, 2016 at 16:33

    kebetulan ane lagi mau ngerekam video menggunakan hp,,,ok begitu tekniknya

  3. Masamune

    24 Desember, 2016 at 18:27

    Boleh dicoba nih.. thx sob

  4. Masamune

    24 Desember, 2016 at 18:29

    Info bermanfaat biar hasilnya maksimal..

Tinggalkan saran dan kritik yang sopan di bawah.

Paling Populer

Teknologiraf adalah media paling kece dan update tentang tips, trik, tutorial, download, dan seputar dunia teknologi. Didirikan tahun 2016.

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain

Copyright © 2016 - 2017 TeknologiRAF | Explore Your Technology

To Top