Mengenal Rumah Sakit Pasar Minggu

Rumah Sakit Pasar Minggu merupakan Rumah Sakit Umum Daerah pertama di Jakarta Selatan. Sebelumnya, di Jakarta Selatan belum ada Rumah Sakit Umum Daerah, sehingga pasien di wilayah Jakarta Selatan yang membutuhkan penanganan medis lebih lanjut, harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah di wilayah Jakarta Timur atau Rumah Sakit lainnya yang memadai.

Alamat Rumah Sakit Pasar Minggu

Rumah Sakit Pasar Minggu Cirebon berlokasi di Jalan Ki Ageng Tepak Palimanan, berstatus Rumah Sakit Umum tipe D dengan kapasitas 57 tempat tidur. Rumah Sakit Pasar Minggu Cirebon resmi beroperasional pada Selasa, 08 September 2020. Sarana prasarana penunjang serta pelayanan Kesehatan lainnya seperti: Laboratorium, Digital Radiology, ventilator, bubble cpap dan teknologi lainnya tersedia di Rumah Sakit Pasar Minggu Cirebon.

Yang istimewa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Rumah sakit ini rupanya memiliki kesan tersendiri bagi gubernur yang akrab disapa Ahok itu.

Ahok mengungkapkan rumah sakit ini dirancang oleh Presiden Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Peletakan batu pertama juga dilakukan oleh Jokowi.

“Saya sangat senang dengan peresmian ini. Karena ini rumah sakit dirancang saat saya dan Pak Jokowi yang mulai membangun, Pak Jokowi yang letakkan batu pertama,” ucap Ahok dalam sambutan peresmian RSUD Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (12/12/2015) beberapa tahun lalu.

Dalam rangka peningkatkan mutu Rumah Sakit Pasar Minggu Cirebon tidak hanya semata-mata terpenuhinya fasilitas-fasilitas Kesehatan yang ada melainkan peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam rangka peningkatan mutu SDM Rumah Sakit Pasar Minggu mempunyai tata nilai organisasi yang telah terbentuk dari awal dengan tujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang professional, berkarakter serta mampu memegang komitmen yang disarikan dari Al-Quran surat Al-Insyirooh ayat 1-8 adalah: ‘SAIS EMAS’ (Satu is dan Empat as) yang mempunyai arti “Pengendali berkualitas emas” tata nilai tersebut adalah kerja optimis, kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. Diharapkan dengan SDM yang profesional yang memiliki komiten tinggi dapat bekerja sama dengan tim agar mencapai visi dan misi Rumah Sakit Pasar Minggu Cirebon.

Hingga saat ini, Pemprov DKI Jakarta telah memiliki 6 RSUD yaitu, RSUD Pasar Rebo, RSUD Koja, RSUD Budi Asih, RSUD Tarakan, RSUD Cengkareng dan Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit. Wilayah Jakarta Selatan merupakan satu-satunya wilayah yang baru saja memiliki rumah sakit dari Pemprov DKI.

Sebagai rumah sakit yang terbilang baru, faskes yang dimiliki cukup baik dan memberikan pelayanan yang baik dengan mottonya yakni “melayani dengan sepenuh hati”.

Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu merupakan Rumah Sakit tipe B Non Pendidikan yang terletak di pusat kota Jakarta Selatan. Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu juga melayani pasien Umum dan BPJS.  Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan efektif untuk memberikan nilai terbaik, sehingga menjadi pilihan utama bagi semua masyarakat dan perusahaan.

RS Pasar Minggu dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor : 211 Tahun 2015. Dan telah mendapat penetapan sebagai Rumah Sakit yang menerapkan Pola Pengelolaan keuangan berdasarkan peraturan Gubenur Provinsi DKI Jakarta.RSUD Pasar Minggu memiliki luas tanah 25.087 m², luas dasar  4.381 m² dan luas bangunan 43.495,78 m². Bangunan RSUD Pasar Minggu terdiri dari 1 lantai basement, 3 lantai podium dan 9 lantai tower.

Visi Dan Misi

Visi

“Menjadi rumah sakit yang bermanfaat dan terpercaya bagi masyarakat di Kabupaten Cirebon”

Misi

  1. Mewujudkan pelayanan yang humanis dan profesional sesuai kaidah akreditasi.
  2. Mewujudkan SDM rumah sakit yang peduli dan kompeten (mau dan mampu).
  3. Mengembangkan sistem management rumah sakit yang berorientasi pada era kekinian dan kepuasan pelanggan.
  4. Mewujudkan rumah sakit sebagai mitra kerja yang terpercaya.
  5. Memberikan konstribusi postif terhadap pembangunan di kabupaten Cirebon terutama pembangunan di bidang Kesehatan.

Nah itulah sedikit untuk lebih mengenal rumah sakit pasar minggu cirebon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *