3 cara untuk menyingkirkan Windows lama di Win 7, 8, 10

Apakah Anda baru saja memutakhirkan komputer Anda tetapi drive pada sistem segera terisi? Biasanya hal ini terjadi karena sistem operasi yang lama masih terpasang. Artikel cara menghapus windows lama ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

Beberapa orang sering salah mengatasi masalah seperti itu. Sebagai gantinya, mereka menyelesaikannya dengan menghapus data yang tidak perlu di komputer atau mencopot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan.

Saat melakukan hal itu memberi pengemudi sedikit lebih banyak tenaga, itu pada dasarnya kurang efisien. Masalahnya adalah file Windows lama atau Windows.old masih tersimpan.

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus windows lama. Namun sebelum melanjutkan dengan cara melakukannya, ada baiknya untuk mengetahui apa itu windows lama.

Apa itu Jendela Lama?

Windows lama adalah folder yang berisi file sistem Windows lama sebelum Anda memutakhirkan. Umumnya, folder ini akan dihapus secara otomatis setelah beberapa saat setelah menggunakan sistem operasi baru.

Seperti yang diketahui secara umum, jendela berukuran sangat besar. Itu sebabnya folder Windows Lama ini dapat membuat drive di sistem lebih cepat.

Windows.old dibuat secara otomatis saat Anda memutakhirkan sistem. Tujuannya adalah untuk membuat cadangan dari sistem lama yang dapat digunakan untuk memulihkannya jika diperlukan.

Misalnya, jika Anda tidak puas dengan kinerja Windows 10 setelah melakukan upgrade, maka Anda dapat mengembalikannya menggunakan folder Windows lama atau mengunduhnya ke windows sebelumnya.

Jadi sebaliknya, jika Anda merasa nyaman dengan kinerja Windows setelah melakukan upgrade, Anda dapat menghapus folder Windows lama yang masih tersimpan di drive komputer.

Cara menghapus Windows lama

Menghapus jendela lama secara langsung terkadang tidak diterapkan. Agar folder Windows lama bisa dihapus, ada beberapa langkah khusus untuk melakukannya.

Namun jangan khawatir karena caranya sangat mudah dilakukan. Sebenarnya, ada berbagai cara untuk menjadikan opsi ini sebagai opsi.

Menghapus file dari folder Windows lama dapat dilakukan secara permanen di Windows 10, 8 dan 7 dan aman.

1. Pembersihan Disk

Cara aman menghapus windows lama

Disk Cleanup adalah fitur Windows yang digunakan untuk membersihkan hard drive di komputer. Umumnya, fitur ini digunakan untuk menghapus file yang tidak perlu dengan aman, termasuk folder Windows lama.

Berikut cara menghapus jendela lama hingga dibersihkan:

  1. Buka browser file di laptop atau PC Anda.
  2. Kemudian klik kanan drive (C :).
  3. Kemudian pilih opsi fitur.
  4. Klik tombol Pembersihan Disk.
  5. Kemudian klik Bersihkan file sistem.
  6. Centang kotak untuk penginstalan Windows sebelumnya, lalu klik OK.
  7. Klik Hapus file dan pilih Ya untuk mengonfirmasi.
  8. Setelah itu, tunggu hingga proses selesai.

Waktu yang diperlukan untuk menghapus folder Windows lama ini tergantung pada ukurannya. Jangan lupa untuk me-restart PC atau laptop Anda setelah selesai.

2. Menggunakan CMD

Cara menghapus windows lama dengan cmd

Command Prompt atau lebih sering disebut CMD adalah program yang dapat menjalankan perintah di Windows. Dengan mengeluarkan perintah ini di CMD, Anda juga akan menghapus jendela lama.

Cara menghapus windows lama dengan cmd

  1. Tekan Windows + R dan ketik CMD dan klik OK.
  2. Kemudian jendela CMD akan terbuka.
  3. Ketik perintah takeown /FC:Windows.old* /R /A
  4. Kemudian tekan enter pada keyboard.
  5. Kemudian ketik cacls C: Windows.old. /t/berikan admin:f
  6. Tekan enter dan ketik kamu dan tekan enter lagi.
  7. Kemudian masukkan perintah rmdir /S /QC:Windows.old
  8. Dan tekan Enter untuk menjalankan perintah.

Sekarang Anda hanya perlu menunggu hingga proses selesai, lalu restart komputer atau laptop Anda. Menghapus folder Windows lama menggunakan CMD bisa menjadi solusi yang baik.

3. Di CCliner

Cara menghapus windows lama dengan cleaner

CCleaner adalah perangkat lunak pembersih Windows yang sangat populer dan terbukti. CCleaner ini memiliki fitur penghapusan yang bersih dan permanen untuk semua jendela lama dan isinya.

Cara menghapus jendela lama dengan pembersih

  1. Jalankan CCleaner di PC atau laptop Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu pembersihan.
  3. Centang kotak instalasi Windows Lama.
  4. Biasanya opsi ini muncul di bagian detail lanjutan.
  5. Sekarang klik tombol Analisis untuk mulai memindai.
  6. Maka ukuran folder Windows lama akan ditampilkan.
  7. Klik tombol Run Cleaner dan tunggu CCleaner selesai menghapus windows lama dari PC Anda.
  8. Selesai.

Meskipun CCleaner gratis untuk digunakan, ia menawarkan manfaat besar untuk PC dan laptop. Beberapa orang menganggap perangkat lunak ini harus dimiliki untuk setiap komputer.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus permanen folder Windows.old beserta isinya di Win 7, 8 dan 10 hingga bersih.