Keluhan tentang hilangnya televisi karena beralih ke saluran digital, adalah tanggapan keras Gibran sebagai teknisi.

Teknologiraf.com – Peralihan dari siaran TV analog ke digital sudah mulai diterapkan di berbagai daerah di Indonesia, hal yang sama juga terjadi di kota Solo dan sekitarnya.

Akibatnya, beberapa warga kaget karena televisi mereka tiba-tiba tidak ada sinyal, kekagetan itu antara lain diungkapkan melalui pengaduan di media sosial, Twitter.

Baca juga:
– Hancur parah, ini update harga Oppo Reno6 baru dan edisi kedua – Update rilis reguler, leaker bernama Ubatcha kabur ke developer Genshin Impact – Penyebab gempa bumi BMKG Sukabumi terasa di beberapa daerah.

Seorang netizen dengan akun Twitter @NuurAi*** juga mengeluhkan TV-nya tidak ada sinyal. Mereka pun mengadu ke Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Twitter dengan sedikit humor.

“Pak tolong TV saya mati tapi belum ada biaya penguburannya,” tulis netizen tersebut.

Cuitan ini mendapat tanggapan tak terduga dari putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

“Sepertinya TV bisa direset, tidak perlu STB,” kicau Gibran.

Twitter Gibran tentang TV digital.  (Twitter)
Twitter Gibran tentang TV digital. (Twitter)

Respon tak terduga dari Gibran ini memunculkan berbagai reaksi aneh dari netizen, seperti komentar berikut ini.

“Kalau TVnya tidak bisa diperbaiki, masih analog, bagaimana dengan Pak Gibran? Apalagi saya tidak mampu membeli STB pak, saya pengusaha dan harga STB mahal, sayang sekali suami bisa’ jangan nonton bola dan berita,” kata seorang netizen.

“Sudah beberapa hari saya puasa dari TV, STB terlalu mahal, bayi saya lahir,” kata netizen lainnya.

“Saya mau bantu jadi panitia pernikahan Pak Kesang, cuci gelas dan piring boleh, yang utama punya banyak amplop biar bisa beli STB,” kata netizen lainnya.

Set-top box TV digital.  (Polytron)
Set-top box TV digital. (Polytron)

tersebut Suara.comUntuk mengetahui apakah TV Anda dapat diatur tanpa membeli STB, Anda perlu memeriksa fitur HDTV di badan TV.

Televisi yang dapat menerima siaran TV digital biasanya memiliki built-in label atau jack input HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, dan sebagainya.

Jika Anda tidak dapat menemukan salah satu label ini, kemungkinan televisi Anda tidak dapat menangkap sinyal digital.

Anda dapat mengecek TV analog atau digital dengan mengecek menu TV menggunakan remote control TV.

Jika menu nonton TV menampilkan pilihan DTV (Digital TV), berarti TV Anda dapat menerima siaran TV digital. Jika tidak ada, berarti TV Anda masih analog dan membutuhkan STB.