Mengenal Fungsi Spare Part HP

Spart part handphone

Mendengar kata spare part pasti yang muncul di benak kita adalah sesuatu yang berhubungan dengan otomotif seperti motor atau mobil. Padahal secara bahasa spare part bermakna suku cadang dan tidak terbatas untuk produk otomotif saja. Layaknya spare part pada motor atau mobil, smartphone juga memiliki bagian-bagian yang mempunyai fungsinya sendiri.

 

Jika pada kendaraan bermotor kita akan mendapati spare partnya berupa rantai, ban, dan lainnya. Spare part hp sendiri terdiri dari bagian berukuran kecil, dan sama seperti produk otomotif yang jika satu bagiannya rusak maka membuat fungsi produk secara keseluruhan akan terganggu. Berikut ini adalah beberapa spare part hp dan penjelasan mengenai fungsinya masing-masing.

 

  1. Layar LCD

Ini adalah bagian yang sering digunakan untuk berinteraksi. Sebelum kemunculan smartphone berteknologi layar sentuh, layar pada hp hanya digunakan untuk menampilkan informasi sedangkan interaksinya menggunakan tombol keypad. Dan semakin berkembangnya Teknologi, layar LCD saat ini tidak hanya menampilkan informasi tapi bisa langsung berinteraksi dengan penggunanya melalui sentuhan jari yang saat ini dikenal dengan teknologi layar sentuh. Spare part hp ini bisa dibilang salah satu yang penting dari sebuah hp atau smartphone. Pengguna mungkin masih bisa mentoleransi kerusakan tombol power atau volume tapi tidak jika layarnya mengalami kerusakan seperti tidak bisa menampilkan informasi apapun pada layar.

 

  1. Microphone

Spare part hp ini berfungsi menerima getaran suara lalu diolah menjadi sinyal digital yang bisa dipahami oleh CPU pada smartphone. Kerusakan pada bagian ini mengakibatkan hp tidak bisa menerima input suara yang berakibat tidak bisa digunakan untuk panggilan suara karena lawan dengar tidak bisa mendengar suara penelefon.

 

  1. Speaker

Kebalikan dari mikrofon, speaker berfungsi mengeluarkan suara yang berasal dari sinyal digital. Kerusakan pada speaker berakibat pada tidak adanya suara saat panggilan masuk atau ketika mendengarkan video atau file audio.

 

  1. Kabel Fleksibel

Berfungsi sebagai penghubung antara mesin hp dengan layar. Semua output yang dihasilkan dari sistem akan ditampilkan ke layar melalui kabel fleksibel ini. Begitu juga input dari pengguna misalnya pada layar sentuh akan dikirimkan ke CPU untuk diproses dan ditampilkan kembali ke layar

 

  1. IC (Integrated Circuit)

Jenis IC ini sangat banyak pada sebuah smartphone dan masing-masing IC mempunyai tugasnya sendiri. Salah satunya adalah CPU yang berfungsi sebagai pusat dari sistem sebuah smartphone. Produsen CPU yang terkenal saat ini diantaranya Snapdragon, Samsung dan MediaTek. Seperti komputer, RAM pada hp berfungsi untuk menyimpan data yang sedang diakses sementara berbeda dengan harddisk yang bisa menyimpan data secara permanen.

 

Kerusakan pada bagian IC biasanya membutuhkan penggantian seluruh komponen mesin karena pada smartphone bagian ini sudah menyatu pada satu papan atau board sehingga sulit untuk mengganti salah satu komponen jika terjadi kerusakan.

 

Di Bukalapak ada banyak penjual spare part hp mulai dari layar LCD berbagai merk, komponen kecil lainnya seperti mic, buzzer, vibrator, speaker, charger board, mesin hp yang terdiri dari cpu, ram dan IC lainnya. Untuk Anda yang suka otak-atik elektronik atau sedang belajar reparasi hp bisa juga membeli mesin handphone murah bekas untuk keperluan praktek.

 

Belanja online di Bukalapak pilihan produknya lengkap sehingga Anda tidak perlu membuang waktu berkeliling toko spare part hp di kota Anda untuk mencari sebuah komponen hp. Selain spare part hp di Bukalapak juga menjual aneka toolset lengkap seperti obeng khusus hp. Tidak perlu ragu berbelanja di Bukalapak karena dengan sistem rekening bersama mengharuskan penjual mengirim barang terlebih dahulu ke pembeli baru bisa menerima transfer dari pembeli.

You May Also Like

About the Author: Muhammad Farhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *