Penyebab Dan Cara Memperbaiki Klakson Motor Yang Mati

Penyebab dan cara memperbaiki klakson motor yang rusak

Penyebab dan Cara memperbaiki klakson motor – Selamat datang sobat TeknologiRAF. Pada pagi hari ini TeknologiRAF kembali mengupdate artikel mengenai seputar otomotif. Ya… Sesuai dengan judul disini saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki klakson motor yang mati dan masalah lainnya.

Apakah anda tahu bahwa banyak kasus kecelakaan berkendara yang diakibatkan oleh klakson yang mati? Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa klakson pada motor tidak terlalu penting untuk digunakan. Padahal banyak sekali fungsi dari klakson motor tersebut.

Contoh fungsi dari klakson motor yang anda perlu diketahui adalah menghindari tabrakan, menandakan pengendara lain bahwa di belakang ada yang mau lewat terlebih dahulu, ini sangat penting mengingat banyak sekali pengendara yang ugal-ugalan.

Banyak sekali kerusakan yang dapat terjadi pada komponen klakson motor anda, seperti klakson yang memiliki suara kecil, sampai klakson yang sudah tidak berbunyi atau mati. Berikut adalah beberapa penyebab klakson motor mati atau rusak.

4 Penyebab klakson motor mati

1. Rusaknya metal kontraktor

Fungsi kontraktor cukup penting pada klakson motor, yaitu sebagai tempat terjadinya hubungan DC (arus listrik). Sebenarnya jika umur dari kontraktor anda sudah cukup tua maka akan kotor dan akan rusak juga.

Hal yang mengakibatkan suara klakson menjadi lemah bahkan mati adalah adanya kerak yang muncul karena adanya percikan api yang muncul ketika pengendara mencoba membunyikan klakson. Kerak inilah yang menghambat arus yang akan masuk.

2. Baut pada pengatur klakson sudah kendor

Jika baut pada pengatur klakson anda kendor, maka suara klakson akan menjadi kecil bahkan bisa juga menjadi mati. Baut tersebut menjadi kendor karena adanya getaran yang terjadi yang berasal dari mesin motor. Maka dari itu bagian baut pengatur klakson ini harus anda cek jika sudah muncul beberapa masalah klakson.

3. Saklar klakson sudah karatan

Saklar pada klakson motor anda juga harus di cek, jika sudah berkarat pasti masalah klakson motor anda karena saklar klakson ini.

Saklar klakson bisa berkarat karena terkena banyak kotoran. Cara mengatasinya ada dibawah ya…

4. Kawat lilitan sudah putus

Kawat lilitan pada klakson harus anda cek terlebih dahulu jika sudah timbul masalah pada klakson motor anda. Kawat lilitan pada motor dapat menjadi lemah bahkan bisa menjadi putus apabaila sudah lama tidak dibersihkan, usia dari kawat lilitan juga berpengaruh.

Namun apabila kawat lilitan pada klakson motor anda sudah putus, maka anda sudah tidak bisa memperbaiki klakson motor anda sendiri, anda harus pergi ke bengkel motor, saran saya pergilan ke bengkel motor yang resmi.

Banyak sekali bukan penyebab klakson motor mati.

Nah, apakah anda harus mengalami kecelekaan terlebih dahulu baru menyesal bahwa klakson motor adalah komponen yang penting pada motor.

Jika sebelumnya anda tidak pernah memperbaiki klakson anda yang sudah rusak bahkan mati, sekarang anda harus mulai memperbaiki klakson motor anda dengan cara berikut. Tidak harus ke bengkel motor, namun dengan cara memperbaiki klakson motor berikut bisa anda lakukan sendiri.

5 Cara memperbaiki klakson motor yang mati

Sebelum anda ingin pergi ke bengkel motor untuk memperbaiki klakson motor, maka lakukanlah cara berikut, siapa tahu masalah yang menyebabkan kerusakan klakson motor anda hanya sepele.

1. Cek aki motor yang anda gunakan

Aki motor sangat mempengaruhi kondisi klakson motor anda looh. Anda harus mengetahui beberapa tanda bahwa aki motor anda sudah minta ganti atau dibetulkan. Misalnya klakson yang sudah tidak berbunyi sebagaimana mestinya, starter yang sudah mulai susah, sampai lampu depan yang sudah mulai redup.

Jika semua tanda tersebut terjadi, maka sudah dapat dipastikan aki motor anda yang bermasalah.

2. Bersihkan saklar klakson motor anda

Sudah saya beritahu diatas bahwa, saklar klakson motor yang sudah berkarat dan sudah banyak kotoran maka dapat membuat suara klakson motor menjadi kecil. Anda hanya harus membersihkannya.

Anda dapat menggunakan cairan pembersih karat untuk menghilangkan kotoran dan karat yang menempel pada saklar motor anda tersebut.

3. Kencangkan baut pengatur klakson motor anda

Salah satu penyebab klakson mati adalah baut pengatur klakson yang sudah kendor. Untuk itu anda harus mengencangkan baut pengatur klakson yang sudah kendor tersebut.

4. Periksa kabel klakson motor anda

Cara ke-4 adalah periksa kabel pada klakson motor anda, didalam klakson motor terdapat 2 kabel, yaitu kabel massa dan kabel listrik, biasanya masalah pada klakson disebabkan oleh salah satu kabel yang putus.

Untuk itu anda harus memeriksa kabel klakson motor anda.

5. Cek baut platina

Hal terakhir yang dapat anda lakukan sendiri di rumah adalah cek baut platina motor anda. Baut platina ini terletak di belakan klakson anda.

Baut platina yang sudah tidak sesuai dengan posisinya maka dapat menyebabkan klakson anda menjadi bermasalah. Anda harus membongkarnya, lalu memperbaiki posisi baut platina tersebut.

Itu dia penyebab dan cara memperbaiki klakson motor yang mati atau memiliki suara yang lemah. Itu saja yang dapat saya bagikan pada hari ini, tunggu terus artikel mengenai otomotif lainnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

10 Comments

  1. Haha, entah kenapa ini artikel bisa pas banget. Kebetulan klakson motor saya lg mati… Berkat tulisan ini saya jd tahu kemungkinan penyebab matinya klakson motor saya, hehe makasih yah. Weekend ini rencana mau ku bawa ke bengkel nih 😀

  2. Klakson motor saya sering mati gan kalau kehujanan,, dicoba disemprot switcnya pakai contac cleaner tapi tetep ga nyala kalau keujanan… Itu apanya ya yang kena?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*