7 Software Untuk Presentasi Selain Microsoft Powerpoint

7 Software Untuk Presentasi Selain Microsoft Powerpoint
Gambar dari englishtrackers.com

Software untuk presentasi selain Microsoft Powerpoint – Dalam penyampaian materi tentulah bermacam-macam, ada yang menjelaskannya melalui papan tulis atau menggunakan sarana dan media yang digunakan untuk menyampaikan. Karena perkembangannya teknologi cara lain selain untuk menyampaikan materi lebih beragam dan banyak lagi, contohnya adalah mempresentasikan materi hanya dengan laptop sehingga memudahkan kita dalam menyampaikan materi.

Untuk mempresentasikan materi yang disampaikan membutuhkan software pengolah presentasi. Salah satu yang paling terkenal adalah Microsoft Powerpoint, hampir sebagian banyak orang menggunakannya. Tapi, ternyata masih banyak software pengolah presentasi untuk mempresentasikan selain powerpoint lho.

1. Prezi

Prezi
Gambar dari ethos3.com

Prezi adalah salah satu software yang dapat juga dikatakan terbaik karena memiliki design yang interaktif sehingga menarik para penggunanya. Prezi didirikan oleh Adam Somlai-Fischer, Peter Halascy dan Peter Arvai yang bekerja sama di Budapest, Hungary dan San Francisco, California.

Baca juga: Macam-Macam Software Pembuat Desain Video 3D

Saat ini 260 milyar orang yang menggunakan software tersebut dan masih bertambah. Prezi dapat diakses melalu online di website resminya prezi.com atau dapat mendownload versi desktop, Kemudahan yang ditawarkan adalah anda dapat membuat powerpoint di tab dan ipad secara online

2. Google Docs

Ikon Google Docs
Gambar dari spanning.com

Google adalah perusahaan besar yang besar dalam bidang teknologi, Google Docs adalah salah satunya yaitu anda dapat membuat presentasi dan menyimpannya secara online. Cara penggunaanya pun mudah dan dapat dibawa kemana–mana yang hanya memodalkan koneksi internet.

Google Docs saat ini adalah cara alternatif untuk kantoran apabila laptop tertinggal atau rusak sehingga memudahkan dalam mempresentasikannya.

3. Impress – LibreOffice

Impress LibreOffice
Gambar dari wikimedia.org

Sama seperti Powerpoint yang merupakan satu paket dari Microsoft, Impress juga satu paket dari LibreOffice. Impress hadir dalam bentuk perangkat open source yang artinya dapat didapatkan secara gratis di situs aslinya www.libreoffice.org, Impress memiliki fitur Multi Monitor, yaitu mempresentasikan dengan tampilan lebih dari satu monitor. Dan sama seperti software pengolah presentasi lainnya terdapat juga fitur Animasi, Efek, Shapes dan Diagram yang interakftif.

4. Beamer (LaTex)

Untuk yang satu ini berbeda dengan software presentasi lainnya, mengapa begitu? Beamer sendiri adalah LaTex document yang yang berguna untuk membuat slide presentasi. Dalam pengoprasiannya Beamer menggunakan syntac seperti belajar visual basic atau menggunakan bahasa pemrogaman atau coding. Bagi orang yang tidak biasa menggunakannya akan terlihat aneh, meskipun begitu presentasi yang disajikan dalam bentuk halaman dan bukan slide yang mudah dicetak halaman–halaman presentasi anda.

5. Slideflight

Ikon Slideflight
Gambar dari munich-startup.de

Slideflight adalah addin yang dimasukkan kedalam Microsoft Powerpoint, penggunaannya cukup dengan klik publikasikan slide presentasi yang dianggap perlu, lalu akan diberi ID unik setelah mempublikasikannya. Dengan ID tersebut maka para audiens dapat melihat presentasi secara langsung dengan menggunakan desktop atau laptop, android, tablet maupun web Slideflight.

Baca juga: 5 Software Terbaik Untuk Merekam Video Di Komputer

Dengan memiliki Slideflight kita dapat melihat presentasi itu sendiri dan dapat di zoom sehingga memudahkan bagi audiens untuk melihat gambar yang detail didalam presentasi yang ditayangkan. Software ini juga memudahkan untuk mempresentasikan dengan jarak jauh via telepon, anda cukup membuka Slideflight lalu mendengarkan orang yang mempresentasikan dengan seperti itu resiko untuk tidak hadir dalam rapat bisa diatasi. Slideflight adalah software berbayar, namun anda dapat mendownload trial untuk mendapatkannya.

6. Keynote

Ikon Keynote
Gambar dari customshow.com

Software ini khusus dibuat untuk perangkat Apple, software ini dikembangkan sendiri oleh Apple Inc. Keynote hadir dengan design yang menarik dan inovatif sehingga banyak juga yang menggunakan software ini untuk penyuka seni design presentasi. Rancangan yang sederhana dan mudah serta memiliki macam–macam grafik gambar dan design yang menarik sebagai penghias presentasi dengan kualitas tinggi.

Menggunakan Keynote adalah alasan yang tepat untuk pengguna perangkat Apple karena dapat digunakan untuk berbagai perangkat Apple dalam satu proyek. Ini memudahkan untuk berbagi presentasi dan menjadi nilai tambahan untuk Keynote sendiri.

7. GoAnimate

Ikon GoAnimate
Gambar dari vignette3.wikia.nocookie.net

Anda ingin mempresentasikan dengan video? Gunakan ini saja. GoAnimate adalah software untuk membuat presentasi dalam bentuk video. GoAnimate didirikan oleh Alvin Hung pada tahun 2007. Jika anda ingin mempresentasikan dengan cara berbeda yaitu melalui GoAnimate adalah cara yang tepat karena GoAnimate dapat menarik audiens untuk lebih fokus karena designnya dan cara penyampaian yang berbeda.

Baca juga: Inilah 4 Aplikasi Mempercepat Pengisian Baterai Android

Di dalam GoAnimate anda dapat membuat karakter sendiri yang anda inginkan, membuat tulisan yang unik dan gedung–gedung dalam bentuk 2D yang simple namun keren. GoAnimate memiliki nilai tambahan untuk audiens yang berusia anak–anak hingga remaja. Tidak hanya dikalangan remaja para pebisnis pun sering menggunakan software ini karena mudah digunakan dalam pembuatannya yang online.

Mungkin hanya itu saja software terbaik untuk presentasi selain Microsoft Powerpoint, semoga anda bisa mencobanya agar anda tahu bagaimana rasanya mencoba hal baru.

10 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*