6 Tips Sebelum Membuat Blog Dan Hal Yang Harus Anda Siapkan

Tips sebelum membuat blog

Tips sebelum membuat blog – Blog atau website sangat digemari oleh berbagai kalangan pada tahun tahun belakangan ini. Banyak sekali jenis blog atau website yang sangat sukses di bidangnya, sehingga banyak sekali orang yang ingin mencoba peruntungannya di dunia blogging. Nah, jika anda belum tahu blog atau website, maka gampangnya sekarang anda sedang membaca salah satu dari artikel website TeknologiRAF. Sudah mengerti kan apa itu blog atau website?

Hal yang harus dilakukan sebelum membuat blog

Nah, banyak sekali jumlah blog atau website yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Namun jika anda masih sangat baru terjun ke dalam dunia blogging pasti masih sangat bingung bagaimana cara membuat blog, membuat blog menghasilkan uang, dan permasalahan lainnya.

Baca juga: Cara mengetahui jumlah backlink situs kita

Namun sebelum anda bingung dengan masalah masalah itu semua, ada baiknya anda memahami dulu tips membuat blog atau website dan anda juga harus mengetahui apa yang harus disiapkan sebelum membuat blog atau website. Simak hal yang harus di persiapkan dan tips sebelum membuat blog berikut ini.

6 Hal dan Tips sebelum membuat blog

1. Niat & semangat

Pertama-tama yang harus di fikirkan sebelum membuat blog yaitu niat & semangat. Niatkan se-niat niat nya, jangan sampai setelah membuat blog, tidak di isi dengan konten, dll. bahkan di biarkan begitu saja. Saya sering melihat banyak blog yang belum memiliki kontent sama sekali, tetapi sudah di tinggalkan oleh pemiliknya sejak lama. Jadi harus ada niat + semangat untuk membuat blog.

Jika ada niat tapi tidak ada semangat, ya percuma bro…

2. Tujuan

Semua hal yang ingin anda lakukan pasti ada tujuan, misalnya anda ingin makan, tujuannya pasti adalah kenyang. Anda ingin tidur, pasti tujuannya adalah bugar. Begitu pun dalam dunia blogging. Anda juga harus menetapkan tujuan anda membuat blog atau website tersebut.

Apa tujuan kamu membuat blog? Apa hanya iseng saja, tugas sekolah atau kuliah, atau ingin mendapatkan uang? Jika tidak ada tujuan, nanti kasusnya akan sama seperti halnya nomor 1, blog akan di tinggalkan begitu saja jika sudah bosan, karena blog tersebut tidak memiliki tujuan.

Maka dari itu mulai sekarang anda harus tahu tujuan anda membuat blog. Tips dari saya, ketika anda sedang bosan atau jenuh mengurus blog, maka ingat lah tujuan anda membuat blog itu, pasti rasa jenuh atau bosan tersebut akan hilang dan akan tergantikan dengan rasa semangat.

3. Niche

Yang ketiga adalah tentukan niche blog kamu. Usahakan jangan campur aduk. Fokus dalam satu hal terlebih dahulu.

Walaupun banyak sekali jenis blog yang tidak memiliki fokus niche tertentu, tetapi tetap sukses, biasanya blog atau website tersebut di miliki oleh para profesional, sehingga mereka bisa membuat blog mereka menjadi sukses.

Beda dengan anda yang baru terjun ke dunia blogging. Saran saya anda harus fokus terhadap satu niche, ketika anda sudah menguasai ilmu ilmu nya, baru anda dapat menambahkan kategori lain di dalam blog atau website anda.

4. Riset kata kunci (Keyword)

Kata kunci ini adalah salah satu hal yang paling utama jika anda ingin membuat blog atau website anda menjadi sukses. Anda harus betul betul riset kata kunci yang ingin anda garap di blog atau website baru anda.

Usahakan kata kunci tersebut banyak dicari orang, namun memiliki pesaing yang sedikit. Selain itu ada lagi hal yang harus di filter ketika memilih kata kunci, yaitu adalah nilai CPC atau bayaran per klik dari iklan (Google Adsense).

Ini berguna agar blog atau website anda memiliki pendapatan yang cukup. Sehingga dapat meningkatkan semangat anda dalam dunia blogging.

5. Tentukan domain

Usahakan domainnya ada mirip mirip nya dengan niche blog. Misalnya blog yang membahas seputar teknologi mempunyai domain yaitu Teknologiraf.com, sedangkan blog yang menyediakan game mempunyai domain Gamersss.com, dan jika anda ingin membuat blog yang membahas kesehatan anda harus membuat domain seperti Sehatraf.com, dan sebagainya.

Jangan sampai blog yang membahas internet marketing memiliki domain yang aneh dan tidak ada hubungannya dengan internet marketing. Buatlah domain yang berbeda dari yang lain (unik) dan mudah di hafal alias tidak ribet.

6. Konsistensi

Kamu harus konsistensi & percaya diri bawasannya blog kamu sudah siap untuk menjelaskan apa yang terjadi di duniamu.

Baca juga: 3 langkah optimasi artikel blog

Setelah semua itu terpenuhi, maka buatlah blog & mulailah berkarya :).

Mungkin hanya itu saja tips sebelum membuat blog dari saya, anda harus mempersiapkan semua itu sebelum anda betul betul ingin terjun dan fokus ke dalam dunia blogging.

About Rafi Abrar 270 Articles
Saya adalah Founder dari TeknologiRAF, saya tertarik dibidang tulis menulis terutama menulis di dalam sebuah website.

16 Komentar

  1. Tepat sekali, ke-6 tips sebelum membuat blog di atas sangat penting dalam proses pembuatan blog selain itu juga akan menentukan apakah blog itu akan sukses atau tidak terdapat dari ke 6 aspek awal ini.

  2. Niat, riset, semangat, dan konsisten sepertinya adalah kunci utama dari meningkatkan atau mendapatkan Alexa Rank.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*